Hal yang Bisa Dilakukan Sebagai Wujud Cinta Lingkungan

Apa peran dan hal yang bisa kamu lakukan sebagai wujud atas rasa cinta terhadap lingkungan? Meskipun terdengar klise, kamu harus belajar menjaga bumi.

Salah satu wujud kasih sayang adalah mencintai dan merawat lingkungan. Jika manusia tidak mencintai lingkungan maka bumi akan rusak dan tidak nyaman lagi ditinggali. Jika ini terjadi, manusia akan mengalami dampak yang besar.

Lalu, apa saja hal yang bisa dilakukan sebagai wujud cinta lingkungan? Simak ulasan singkatnya berikut ini:

1. Kurangi penggunaan sedotan plastik

Saat ini, penggunaan sedotan plastik sudah sangat mengkhawatirkan. Sampah sedotan plastik yang sangat banyak setiap hari ternyata merusak lingkungan, termasuk laut dan makhluk hidup di dalamnya.

Nah, salah satu wujud kasih sayang terhadap makhluk hidup lain adalah mendukung program pengurangan penggunaan sedotan plastik. Akan lebih bijak jika kamu menggunakan sedotan yang terbuat dari bambu atau stainless steel. Minta tolong kepada orang tua untuk membelikan sedotan jenis ini demi lingkungan yang lebih baik.

2. Dukung zero waste

Zero waste lifestyle semakin digemari akhir-akhir ini. Gaya hidup sederhana ini berkaitan dengan kampanye zero waste yang gencar didengungkan. Konsepnya adalah meminimalkan barang yang bisa terbuang dan menjadi sampah. Caranya adalah kreatif memanfaatkan barang-barang yang dimiliki sepraktis mungkin.

3. Menanam pohon

Jika kamu peduli terhadap lingkungan, tanamlah pohon. Keberadaan pohon sangat penting bagi lingkungan sekitar. Mintalah bantuan orang tua atau guru untuk melakukan hal yang sama. Ajak juga teman-teman sekolah untuk melakukannya bersama-sama. Pasti kegiatan ini akan sangat menyenangkan.

4. Gunakan kendaraan umum

Sebagai siswa SMP (Sekolah Menengah Pertama), kamu tentu belum berhak untuk memiliki SIM (Surat Izin Mengemudi) karena usianya belum mencukupi. Namun, tidak perlu bingung jika ingin ke sekolah, manfaatkan saja angkutan umum yang tersedia. Hal ini juga sekaligus menjadi salah satu bentuk rasa cinta terhadap lingkungan.

4. Ikut berkampanye

Selain semua kegiatan tersebut, Anda juga bisa berkampanye di media sosial dengan mendukung gaya hidup sehat dan cinta alam. Semakin banyak orang yang mendengar, akan semakin banyak pula yang tergerak untuk cinta lingkungan. Dampaknya, Bumi pun akan tetap terjaga.

Nah, demikian beberapa hal yang dapat kamu lakukan sebagai wujud rasa cinta terhadap lingkungan. Mudah untuk diterapkan, bukan? Selamat mencoba!

 

Pelajari di sini bagaiamana menjaga Interaksi mahluk hidup dengan lingkungannya

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?