Mengapa Anak Perlu Belajar Menulis Huruf Tegak Bersambung?

Yuk, simak alasan perlunya belajar huruf tegak bersambung berikut ini agar Anda lebih semangat mengajarkannya pada anak.

Di zaman sekarang, menulis huruf tegak bersambung sering dianggap tidak relevan. Bahkan, sebagian orang tua kerap mengeluh lantaran guru anaknya menggunakan huruf bersambung saat menerangkan pelajaran.

Padahal, Katy Steinmentz—penulis bahasa dari San Fransisco—mengatakan, huruf sambung masih perlu dipraktikkan oleh anak-anak. Berikut ini alasan perlunya belajar menulis huruf tegak bersambung untuk anak.

  1. Meningkatkan Kemampuan Motorik Anak

Saat anak membuat tulisan dengan huruf tegak bersambung, konsentrasinya meningkat. Hal ini membuat sel-sel otak lebih aktif. Dampak positifnya, keaktifan tersebut mampu menstimulasi perkembangan otak yang meliputi sensasi motorik halus, kemampuan berpikir, dan gerak kontrol.

  • Membantu Anak Memahami Dokumen Bersejarah

Anda pernah mengajak anak mengunjungi museum? Biasanya, di museum terdapat dokumen bersejarah. Sebagian besar tulisan di dokumen tersebut menggunakan huruf tegak bersambung.

Nah, dengan mengajarkan huruf tegak bersambung pada anak, hal itu memudahkannya untuk memahami isi dokumen bersejarah. Jadi, ia kelak bisa menghargai sejarah bangsa melalui informasi yang terekam di otaknya.

  • Menstimulasi Otak untuk Menyimpan Banyak Informasi

Ketika anak menulis dengan huruf tegak bersambung, ia sedang melakukan dua hal. Pertama, anak harus mencatat secara cepat agar tidak tertinggal dari kawan-kawannya. Kedua, ia mesti cermat memilih info yang ingin ditulis.

Otomatis, dua aktivitas tersebut menstimulasi kerja otak sehingga mampu menyimpan lebih banyak informasi. Pasalnya, anak merasa terlibat sepenuhnya ketika menulis dengan tangan.

  • Melatih Anak untuk Membuat Tanda Tangan

Siapa bilang, anak kecil belum waktunya belajar membuat tanda tangan? Justru, Anda harus melatihnya sejak dini supaya bisa menciptakan tanda tangan yang bagus. Salah satu caranya dengan membiasakan menulis huruf tegak bersambung.

Perlu Anda ketahui, huruf tegak bersambung merupakan cikal bakal tanda tangan. Nantinya, tanda tangan penting untuk melengkapi keabsahan dokumen anak, baik di Indonesia, maupun negara lainnya.

Demikian beberapa hal yang membuktikan perlunya belajar menulis huruf tegak bersambung bagi anak. Sebagai latihan awal, coba ajak anak untuk membuat surat dengan tulisan tegak bersambung. Untuk mengetahui bagian-bagian penting dalam surat, Anda bisa gunakan tutorial di  Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?