Selamat Hari Ibu, Yuk Ajak Anak Berkreasi Membuat Stempel dari Sayur dan Buah

Ayo, ajarkan anak membuat stempel dari sayur dan buah berikut ini untuk menciptakan kartu ucapan selamat hari ibu.

Apakah Anda sudah mengenalkan Hari Ibu kepada anak? Jika belum, coba ajak si kecil untuk merayakan Hari Ibu dengan cara sederhana, misalnya membuat kartu ucapan. Agar bisa menciptakan kartu ucapan yang unik, manfaatkan limbah sayur dan buah sebagai bahan dasar. Nantinya, limbah tersebut dijadikan stempel dalam kartu.

Sebagai contoh, Anda bisa mengikuti beberapa trik membuat stempel dari sayur dan buah berikut ini.

  1. Siapkan Bahan

Langkah pertama; Anda harus mengumpulkan sisa-sisa sayur dan buah. Jenisnya bisa berupa kentang, pakcoy, wortel, bunga bawang, dan caisim. Jika salah satu macam sayur tersebut tidak ada, Anda boleh mengganti dengan yang lainnya.

Setelah limbah sayur dan buah terkumpul, siapkan kertas HVS kosong, kertas concorde berukuran A4, bantalan stempel, tempat mencetak kue, dan pisau cutter. Jangan lupa, carilah cat air atau pewarna makanan untuk memperindah kartu. Kalau sulit mencari kedua bahan ini, gantilah dengan tinta warna.

  • Buatlah Pola Menarik dari Limbah Sayur dan Buah

Tips kedua; kreasikan potongan sayur dan buah menjadi berbagai bentuk dengan pisau cutter. Mulai dari bentuk mawar, krisan, bulatan kecil, hati, serta pola lain—sesuai model cetakan yang Anda miliki.

  • Potong Kertas untuk Membuat Kartu Ucapan

Untuk membuat kartu ucapan, Anda cukup memotong kertas menjadi dua. Kemudian, lipat masing-masing potongan tersebut hingga tampak seperti buku. Pastikan lipatan tersebut sama sisi supaya terlihat menarik.

  • Stempel dari Bonggol Sawi

Di langkah terakhir ini, Anda harus menentukan komposisi stempel di kertas percobaan. Caranya, coba bubuhkan tinta ke stempel sayur dan buah yang sudah dikreasikan menjadi berbagai bentuk. Lalu, tempelkan ke permukaan kertas.

Jika hasilnya sudah sesuai dengan keinginan Anda, segera aplikasikan ke kartu ucapan. Setelah stempel ditempelkan ke kartu ucapan, diamkan beberapa saat sampai mengering.

Demikian cara membuat stempel dari sayur dan buah yang bisa Anda ajarkan kepada anak. Kreativitas TK ini mampu mengembangkan bakat si kecil dan mendorongnya untuk terus berprestasi. Jangan lupa, imbangi bakatnya dengan mempelajari berbagai materi di Primaindisoft. Selamat berkarya!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?