Mengajarkan Toleransi Kepada Anak di Hari Raya

Belajar toleransi sebaiknya dilakukan sejak dini. Usia pra sekolah atau TK merupakan waktu yang tepat untuk mulai mengenalkan berbagai perbedaan yang ada di sekitar si kecil. Nah, momen hari raya bisa jadi waktu yang tepat untuk mengajari si kecil tentang toleransi.

 

Cara Mengajarkan Toleransi

Mengajarkan si kecil tentang arti toleransi memang harus perlahan-lahan. Pendidikan anak tentang toleransi akan berguna untuk si kecil saat ingin bergaul, bermain dan belajar. Anda bisa mengajarkan si kecil tentang lingkungan sekitarnya yang penuh dengan keberagama yang harus ia pahami dan hormati.

 

1. Ajak Si Kecil Bersosialisasi

Ajaklah si kecil untuk bisa berteman dengan banyak teman dengan latar belakang yang berbeda. Jika si kecil bersekolah di sekolah dengan pendidikan agama khusus, maka Anda bisa mengajaknya juga bergaul di lingkungan rumah, tempat les atau tempat bermain. Jika si kecil bertanya tentang hal yang berbeda dari temannya, maka saat itulah Anda bisa memberikan penjelasan.

 

2. Perkenalkan dengan Berbagai Budaya

Jika ada hari hari besar, maka Anda bisa memberi penjelasan tentang arti perayaan tersebut beserta budaya dan kegiatan yang menyertainya. Anda juga bisa mengajarkan tentang berbagai Agama, Pemimpin Agama, dan Tempat Ibadahnya atau tentang Mengenal Waktu Beribadah Berbagai Agama melalui cerita, gambar, atau video.

 

3. Beri Contoh

Semua akan lebih mudah dipahami si kecil jika Anda juga melakukan hal yang sama. Anda bisa mengajak si kecil bersama-sama membantu jika ada kerabat yang sedang kesusahan. Cerita Persahabatan Made, Kevin, dan Hasan bisa jadi contoh yang mudah untuk dipahami si kecil.

           

Manfaat Ketika Anak Paham Toleransi

Ketika si kecil sudah bisa memahami keberagaman, maka si kecil akan santai jika harus berhadapan dengan suatu hal yang berbeda dengan dirinya. Si kecil bisa dengan luwes berteman, tidak mudah mengucilkan atau merasa dikucilkan karena adanya perbedaan.

 

Dengan begini, semoga si kecil jadi lebih siap siap menghadapi masa depan dalam  persaingan global.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?