Mengajak Siswa Merayakan Lebaran dengan Kegiatan Sosial

Mengajarkan peserta didik untuk melakukan kegiatan sosial saat Lebaran adalah hal yang tepat agar mereka memahami rasa bersyukur.

 

Selama ini kita selalu merayakan Lebaran dengan suka cita di kampung halaman atau di rumah saja. Hidangan nikmat akan disajikan begitu pun dengan aneka kue yang dibeli menjelang perayaan Hari Raya. Setiap rumah biasanya memiliki tradisi tersendiri dalam merayakan Lebaran dan hal itu sah-sah saja.

Merayakan Lebaran dengan makanan nikmat atau mungkin baju baru mungkin hal semua orang. Namun, merayakan hari Lebaran dengan kegiatan sosial jarang sekali dilakukan oleh banyak orang. Nah, agar siswa kita mau merayakan Lebaran dengan cara yang bermanfaat, ajarkan mereka untuk melakukan beberapa hal di bawah ini.

1. Memberikan Santunan Uang

Ajarkan anak untuk memberikan santunan uang kepada mereka yang tidak mampu. Misal selama puasa mereka menyisihkan uang sebesar berapa rupiah setiap harinya. Saat Lebaran akan tiba, uang itu akan diberikan secara langsung atau melalui lembaga yang menangani masalah sumbangan dan bantuan.

2. Memberikan Pakaian yang Tidak Terpakai

Kalau memiliki pakaian layak pakai yang masih bagus dan masih terlihat bagus, bisa disumbangkan kepada mereka yang tidak mampu. Daripada pakaian tidak berguna dan akhirnya dibuang, lebih baik diberikan agar bisa dipakai saat Lebaran.

3. Memberikan Buku dan Media Belajar

Memberikan hadiah tidak hanya dalam bentuk pakaian atau makanan saja. Kalau memiliki buku yang tidak terpakai dan bisa bermanfaat untuk orang lain, kenapa tidak memberikannya saja? Anda bisa meminta siswa mengumpulkan buku yang tidak terpakai atau membeli buku tertentu.

Selain memberikan buku, mereka juga bisa mengajarkan mereka yang tidak mampu. Misal saat berada di panti asuhan, mereka bisa diajari belajar yang seru melalui laptop dengan membuka Primaindisoft.

4. Merayakan Lebaran Bersama

Rayakan Lebaran bersama dengan mereka yang mungkin tidak beruntung. Misal di kampung halaman ada saudara tidak mampu. Anak bisa diajarkan untuk datang ke sana untuk merayakan Lebaran bersama-sama sehingga kedekatan antar keluarga bisa terjaga.

Inilah beberapa ulasan tentang cara merayakan hari Lebaran dengan kegiatan sosial. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda dan siswa sehingga mereka mampu menjalankan Hari Raya dengan sempurna.

Komentar