5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Supaya Tidak Mengantuk di Kelas

Mengantuk saat pelajaran sedang berlangsung kadang tidak bisa dihindari. Simaklah tips-tips menarik berikut agar rasa kantuk tidak datang lagi.

 

Siapa yang pernah mengantuk saat belajar? Mengantuk di kelas saat pelajaran sedang berlangsung tentu sangat tidak enak. Kamu pasti khawatir ketahuan oleh guru sekaligus sulit untuk menahan rasa mengantuk tersebut. Dampak lainnya, kamu tentu akan mengalami kesulitan untuk mengikuti pelajaran. Jika hal ini berlangsung terus-menerus, nilai-nilai pelajaranmu bisa anjlok.

Nah, untuk menghindari dan mengatasi rasa mengantuk di kelas, berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan.

 

1. Jangan lupa sarapan

 

 

Sarapan adalah sumber energi utama pada pagi hari. Jika kamu berangkat ke sekolah dalam keadaan lapar, kamu tentu akan merasa lemas dan malas beraktivitas. Kamu juga akan mengantuk di kelas. Jadi, usahakan untuk selalu mengonsumsi sarapan sehat setiap hari.

 

2. Aktif berinteraksi saat pelajaran berlangsung

 

Maksud aktif berinteraksi di sini bukan mengobrol dengan teman, ya! Namun, kamu harus aktif mendengarkan saat guru sedang menerangkan dan bertanya jika ada hal-hal yang belum jelas. Simaklah pelajaran tersebut dengan seksama dan penuh konsentrasi. Jika sedang mempelajari ilmu eksakta, cobalah mengerjakan soal-soal dengan antusias. Metode ini akan membuat kamu lebih bersemangat dan tidak lagi mengantuk.

 

3. Cuci muka jika rasa kantuk tak tertahankan

 

 

Apabila kamu semakin mengantuk, izinlah ke guru yang sedang mengajar untuk mencuci muka dan menyegarkan diri sejenak. Cara ini efektif untuk membuat rasa kantuk hilang segera. Jangan lupa untuk menggerakkan anggota tubuh secukupnya supaya aliran darah lebih lancar.

 

4. Batasi aktivitas saat jam istirahat

 

 

Di sela-sela jam pelajaran, kamu memiliki waktu sejenak untuk beristirahat. Gunakan waktu itu untuk benar-benar beristirahat. Jangan sampai, kamu terlalu lelah bermain atau beraktivitas saat jam istirahat sehingga mengantuk ketika jam pelajaran berlangsung. Gerak tubuh memang baik, tetapi jika berlebihan akan memicu rasa lelah hingga akhirnya mengantuk.

 

5. Hindari melakukan hal yang membosankan

 

Mengantuk juga kerap disebabkan oleh hal-hal membosankan. Jika kamu bosan membaca buku pelajaran, sebaiknya kerjakan soal-soal. Atau, jika memungkinkan, berdiskusi atau belajar kelompok dengan teman. Metode ini akan membuat kamu tidak lagi dihinggapi rasa ngantuk saat belajar di kelas.

Kamu juga bisa mengulik Primaindisoft untuk mendapatkan inspirasi belajar yang efektif dan menarik. Selamat mencoba!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?