Menemani Si Kecil di Hari Pertama Masuk Sekolah, Boleh?

Ini hari pertama si kecil masuk TK, boleh tidak ya menemaninya seharian di sekolah?

 

Kembali ke sekolah versi anak TK tentu sedikit berbeda dinamikanya dengan anak yang sudah duduk di bangku SD. Namanya saja anak usia TK, ia masih begitu lekat dengan Anda sebagai orang tua. Hari pertama sekolah bisa jadi momen mendebarkan, menyenangkan, sekaligus bikin Anda senewen dan was-was. Apalagi sebabnya jika bukan karena rasa khawatir terhadap si kecil.

 

Sejuta pertanyaan bakal membayangi pikiran Anda. Mulai dari apakah anak akan menangis saat bertemu guru dan teman di kelas baru, bagaimana jika ia tidak mau bermain bersama, sampai cemas karena khawatir anak tidak mau ditinggal.

 

 

Oleh karena itu, banyak orang tua anak TK yang memilih untuk cuti bekerja di hari pertama anak kembali ke sekolah demi menemani anak. Pertanyaannya, boleh atau tidak ya?

Tentu saja boleh! Asal Anda menerapkan 3 tips berikut ini.

 

Menyerahkan anak kepada guru

Begitu tiba di sekolah, ajak anak menemui guru yang menjadi wali kelas di kelas barunya. Lalu, Anda segera menyerahkan anak kepada guru sambil berkata, “Nah, ini kelas baru Kakak. Sekarang main sama Bu Guru, ya, Mama tunggu di luar.” Situasi ini mengirimkan pesan pada anak bahwa saat di sekolah ia harus bersama guru dan teman-temannya, bukan justru menempel pada Anda.

 

Memantau anak dari jauh

Usai menyerahkan anak pada guru, cari tempat yang nyaman untuk memantau anak dari kejauhan. Percayalah pada guru dan si kecil, bahwa ia akan baik-baik saja tanpa Anda berada di sebelahnya terus menerus. Usahakan posisi Anda tidak mudah terlihat anak, agar ia tetap bisa fokus pada kegiatan di sekolah bersama guru dan teman-temannya.

 

Mendampingi anak jika dibutuhkan

Anda mungkin khawatir anak akan menangis dan mencari Anda. Jika melihat situasi ini, tahan diri untuk tidak langsung menyusul anak. Beri kesempatan pada guru untuk menenangkan anak dengan caranya sendiri. Guru punya tips dan trik khusus dalam hal mengalihkan perhatian anak kok. Anda hanya perlu tenang dan melihat dari kejauhan. Bagaimanapun juga, si kecil perlu terbiasa dengan kelas barunya kan? Baru ketika guru mulai kewalahan dan memberi isyarat, Anda bisa mendampingi dan menenangkan anak.

 

Jadi, boleh kok menemani anak di hari pertama ia kembali ke sekolah. Hal terpenting adalah Anda tahu batasan kapan harus membiarkan anak mandiri, kapan perlu mendampingi anak saat jam sekolah berlangsung. Lambat laun, anak akan terbiasa dengan guru dan teman-teman di kelas barunya.

Dapatkan materi belajar interaktif untuk si kecil yang bisa diakses secara online di Primaindisoft.com

Komentar