Mendampingi Anak untuk Belajar Seru Menggunakan Teknologi

Mendampingi anak untuk belajar dengan media dan teknologi akan membuat mereka terarah dan pembelajaran berjalan maksimal.

 

Pembelajaran yang dilakukan di sekolah kadang membuat anak merasa bosan lantaran dilakukan dengan monoton. Kondisi ini menyebabkan mereka jadi susah memahami apa saja yang diajarkan. Kalau pembelajaran dilakukan dengan lebih menarik, misal menggunakan teknologi, pemahaman anak akan meningkat perlahan-lahan.

 

Nah, salah satu metode yang bisa dilakukan untuk membuat anak-anak SD paham dengan materi adalah pembelajaran digital. Pembelajaran ini bisa dilakukan melalui ponsel atau menggunakan laptop. Orang tua harus melakukan pendampingan agar pembelajaran digital berjalan dengan lancar. Berikut cara mendampingi anak belajar.

 

1. Memastikan Anak Membuka Media yang Benar

Pastikan anak untuk melihat atau menggunakan media belajar yang benar. Misal mengarahkan anak mempelajari materi yang diajarkan di sekolah. Kalau anak tidak diarahkan, bisa jadi mereka membuka konten yang salah dan tidak bisa menambah pengetahuannya terkait materi yang dipelajari.

Akan lebih baik lagi kalau Anda mencarikan materi dahulu baru diberikan pada anak. Kalau Anak bisa mencarinya sendiri dengan baik, barulah Anda membebaskan mereka belajar dengan media yang tepat untuk dirinya.

 

2. Mengarahkan Anak agar Tidak Membuka Game

Arahkan anak untuk tidak membuka konten game. Kalau pekerjaannya sudah selesai baru anak boleh bermain beberapa jenis permainan yang mendidik. Anda boleh membatasi beberapa jenis game yang boleh dimainkan dan tidak agar anak tidak mengalami ketergantungan.

 

3. Konten Tidak Bermanfaat Harus Disaring

Karena pembelajaran digital kadang bersumber dari internet, orang tua harus membatasi anak agar tidak membuka sembarangan website. Awasi mereka agar tidak melihat konten yang tidak bermanfaat.

 

4. Melihat Perkembangan Anak

Kalau anak menyukai pembelajaran digital, Anda harus mengawasinya dengan baik perkembangan yang dialami oleh anak. Kalau anak memiliki perkembangan baik, pembelajaran ini bisa dilanjutkan. Kalau sebaliknya harus dicari tahu masalahnya.

Selain melakukan pendampingan agar anak bisa terarah dan tidak sal membuka konten yang merugikan. Orang tua juga bisa mengarahkan anak untuk membuka media belajar interaktif yang disediakan oleh Primaindisoft. Dengan menggunakan media ini anak bisa belajar dengan lebih cepat dan mudah.

Komentar