Cara Menyisipkan Rasa Cinta Tanah Air di Setiap Pelajaran

Rasa cinta tanah air bisa ditanamkan sejak dini melalui pelajaran di dalam kelas. Guru bisa menjadi orang pertama yang melakukan itu.

 

Anak yang masuk ke bangku sekolah pasti diajari aneka jenis pelajaran yang akan bermanfaat untuk mereka di masa depan. Materi pelajaran seperti Matematika, IPA, IPS, hingga Bahasa Asing akan dipelajari dari tingkat bawah hingga tinggi. Sayangnya, tidak setiap anak diajari oleh guru mereka tentang rasa cinta tanah air kecuali gurunya memang mengajar Pendidikan Kewarganegaraan.

 

Nah, kalau Anda sedang mengajar mata pelajaran lainnya, bagaimana mengajarkan rasa cinta tanah air pada peserta didik. Tentu menyisipkan materi ini di materi pelajaran bukanlah hal yang mudah. Lantas apa yang bisa dilakukan? Simak beberapa hal di bawah ini.

 

1. Mengaitkan Pelajaran dengan Tema Kenegaraan

Kita mengenal ada pembelajaran tematik atau yang bisa dikaitkan antara tema satu dengan tema lainnya. Misal materi Matematika dikaitkan dengan tema lain yang berhubungan dengan Indonesia. Misal tentang ekspor terbaik dari Indonesia yang bisa tembus ke berbagai daerah di Indonesia.

Tujuan utama Anda mungkin menggunakan angka yang muncul untuk operasi matematika. Namun, secara tidak langsung akan membuat anak menjadi bangga karena Indonesia juga memiliki kehebatan di beberapa sisi.

 

2. Mengungkapkan Prestasi Indonesia

Tidak harus selalu disambungkan dengan pelajaran. Misal sebelum pelajaran dimulai Anda membicarakan prestasi terbaru dari Indonesia yang belum diketahui anak-anak. Misal tentang prestasi tim bulu tangkis atau paduan suaranya. Bicarakan saja secara singkat agar anak tahu dan mereka jadi memiliki kekaguman.

 

3. Tidak Menjelek-jelekkan Indonesia

Jangan sesekali menyalahkan Indonesia secara umum di depan anak-anak. Negeri ini memang masih memiliki kekurangan. Namun, hal baik lainnya masih banyak dan berhak diapresiasi. Daripada membuat anak tidak menyukai negeri ini, ada baiknya membuat mereka lebih bangga dan ingin membuat prestasi yang sama.

Demikianlah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengajarkan rasa cinta tanah air kepada peserta didik. Selain mengajarkan masalah cinta tanah air, Anda juga disarankan untuk mengajarkan materi secara menarik seperti yang disediakan oleh Primaindisoft pada platform belajar yang mereka miliki.

Komentar