Apa Saja Peran Keluarga dalam Mendidik Anak Usia TK?

Orang tua memiliki peranan besar dalam mendidik anak khususnya yang masih usia TK.

 

Keluarga                                                                                                                                                                                                   adalah sekolah pertama bagi semua anak. Dari keluarga, anak bisa belajar banyak hal dan menerapkan dalam kehidupannya. orang tua harus mengajarkan bagaimana anak bagaimana mempelajari hal-hal sederhana dan mengajarkan pada mereka apa saja peran mereka dalam kehidupan.

 

 

Nah, karena usia anak masih rawan meniru apa saja yang mereka lihat, orang tua harus memberikan pelajaran yang baik pada anak. Mereka harus memahami seperti apa peran orang tua dalam pendidikan anak. Berikut beberapa hal yang bisa diajarkan orang tua pada anak.

 

1. Mengajarkan Hal Sederhana

Karena usia anak masih kecil atau sekitar 5-6 tahun, orang tua tidak bisa mengajarkan sesuatu yang sangat rumit. Apa yang diajarkan bisa sesuatu yang sederhana dan bisa diterima anak sesuai dengan usianya. Misal mengajarkan anak mengenal nama hewan, nama kendaraan, hingga berhitung.

 

Pengajaran yang dilakukan bisa dilakukan secara langsung misal membawa anak ke tempat umum, ke pasar, atau menggunakan media interaktif. Kalau Anda menikmatinya, mereka akan mudah memahaminya.

 

2. Memberikan Sedikit Kewajiban

Mendidik anak tidak selalu berhubungan dengan pelajaran dan kemampuan kognitif yang mereka miliki. Anak juga harus diajari tentang kewajiban mereka. Misal anak harus tahu bagaimana meletakkan piring setelah makan, tahu bagaimana mengambil handuk saat akan mandi, dan paham harus membuang sampah di tempatnya.

 

3. Membuat Anak Jadi Mandiri

Ajarkan anak untuk mandiri meski tidak di semua sektor. Misal anak harus bisa makan sendiri atau mengambil pakaiannya dari lemari. Orang tua harus mengajarkannya dengan baik tanpa membuat anak merasa terpaksa.

 

4. Memberikan Penguatan Positif

Beri penguatan positif agar anak semakin semangat untuk belajar. Penguatan positif ini bisa berupa hadiah atau diajak pergi liburan ke tempat yang selama ini ingin mereka kunjungi.

Selain mengajarkan beberapa hal di atas, orang tua juga harus mengenalkan peran anak dan semua anggota keluarga dengan cara menyenangkan. Anda bisa menggunakan pembelajaran interaktif dari Primaindisoft tentang peran keluarga ini agar anak lebih memahaminya.

Komentar