Mempelajari Ruang Angkasa Lebih Mudah dengan Cara Ini

Buat anak lebih paham materi ruang angkasa dengan cara ini

 

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk membuat pembelajaran jadi menyenangkan bagi anak adalah dengan menggunakan mind map dan media yang interaktif. Melalui dua metode ini, kreativitas dan logika anak pun akan diajak untuk terus berkembang. Tentu saja, pembuatan peta pikiran dan penggunaan media interaktif seperti game juga akan membuat materi tertentu lebih mudah dipahami.

 

 

Mind Map Membuat Pemahaman Teori Lebih Menempel

Seperti contoh adalah saat menjelaskan kepada si kecil materi tentang ruang angkasa. Setelah mendapat informasi dari buku dan penjelasan yang didapat, bantulah si kecil untuk lebih memahaminya. Melalui mind map, si kecil dapat menjabarkan lebih banyak tentang informasi yang diperolehnya.

Sebuah peta pikiran dapat membantu si kecil menguraikan apa saja yang berada di ruang angkasa berikut ciri-ciri yang dimiliki. Sebagai permisalan, beberapa cabang yang dibuat menguraikan tentang planet, bintang, hingga meteor yang ada di tata surya. Dengan kata kunci yang tepat, ingatan anak pun jadi lebih kuat.

 

Game Membantu Melihat Implementasi Nyata

Sementara itu, game akan membuat anak melihat lebih riil teori yang sudah didapatkannya selama ini. Terlebih lagi bila game yang dipiih melibatkan anak secara langsung.

Di game meteor (bermain dengan koordinat) misalnya, anak akan diajak untuk menjelajah angkasa luar. Menariknya, permainan ini tak hanya melibatkan ilmu IPA, tetapi juga matematika. Pasalnya, si kecil akan diminta untuk menembakkan senjata ke arah meteor yang jatuh dengan memasukkan koordinat tertentu.

Seperti contoh, meteor akan jatuh pada koordinat sumbu Y 2. Anak harus memasukkan nilai pada kolom koordinat sumbu Y dan X yang tepat agar meteor tersebut tidak sampai lolos jatuh ke bumi. Hal ini tentu sangat mengasyikkan dibandingkan sekadar mempelajari secara pasif dari diagram dua dimensi.

Selain itu, permainan ini juga akan meningkatkan ketangkasan anak. Setiap level menuntut anak lebih cepat untuk berpikir agar dapat menang. Dengan demikian, koordinasi antara logika dan saraf motorik harus terjaga dengan baik.

 

Nah, itulah beberapa cara untuk membuat anak lebih paham dengan materi yang diperoleh di sekolah. Siapa bilang belajar harus selalu dengan cara membosankan? Belajar Itu Asyik di Primaindisoft J

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?