Cara Mudah Memahami Kelistrikan dan Teknologi Listrik

Cara jitu kuasai materi kelistrikan dan teknologi listrik fisika

 

Memahami kelistrikan dan teknologi listrik memang cukup menantang, ya. Walau begitu, kamu tetap dapat menguasai materi ini dengan baik asal cara yang dilakukan tepat.

 

  1. Mencoba Langsung

Salah satu cara yang dapat membantumu untuk memahami materi dengan lebih baik adalah melakukan praktik. Kamu bisa mencoba untuk melakukan praktikum mandiri untuk beberapa subbab yang memungkinkan.

Seperti contoh tentang Muatan Listrik, kamu dapat menguji sendiri kebenaran teorinya. Gosokkan penggaris plastik ke rambut yang kering atau kain wol, lalu amati apakah penggaris tersebut dapat menarik benda-benda ringan seperti sobekan kertas, gabus, dan sebagainya.

Selain itu kamu juga bisa membuktikan langsung teori Hukum Ohm, Kirchoff, dan sebagainya. Namun untuk mempraktikkan teori kelistrikan ini pastikan kamu didampingi oleh orang yang lebih ahli.

 

  1. Membuat Catatan

Buatlah catatan penting yang dapat membantumu mengingat dan memahami informasi lebih baik. Agar lebih teratur, buatlah di sebuah buku khusus sehingga tidak tercecer.

Pilihlah kata kunci yang tepat sehingga begitu mengingat kata tersebut kamu dapat langsung menghubungkannya dengan berbagai informasi terkait lainnya. Untuk persamaan misalnya, kamu juga dapat membuat singkatan khusus yang mudah diingat seperti ‘Vitamin W’ sebagai representasi rumus energi listrik (V x I x t =W).

 

  1. Memanfaatkan Media Interaktif

Kata siapa belajar selalu dengan cara yang monoton? Sekarang, kamu tidak lagi hanya mendengar penjelasan guru, berdiskusi dengan teman, dan membaca buku.

 

Agar materi lebih mudah dipahami, kamu bisa mencari video interaktif yang membahas mengenai kelistrikan dan teknologi listrik. Beberapa video ini biasanya juga sudah dilengkapi ilustrasi yang memudahkanmu untuk memahami teori tertentu.

 

  1. Berlatih Soal

Pada dasarnya, fisika juga membutuhkan hitungan matematis. Kamu pun akan menemukan sekali banyak persamaan dengan unsur besaran yang mirip antara satu sama lain.

Agar tidak salah menggunakan persamaan yang mana, ada dua cara yang perlu kamu lakukan: memahami dengan utuh pengetahuan dasar tentang kelistrikan dan giat berlatih soal. Semakin sering kamu terbiasa berlatih, semakin mudah kamu dalam menyelesaikan berbagai macam soal.

 

 

Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menguasai materi kelistrikan dan teknologi listrik. Siapa bilang untuk jadi jago fisika itu susah?

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?