Memahami Tujuan Utama Perdamaian Dunia di Hari Perdamaian 21 September

Stop perpecahan! Mari jalan kerukunan dengan sekitar sebagai upaya mewujudkan tujuan utama perdamaian dunia

 

Bijaklah dalam menggunakan media sosial. Kira-kira itulah ungkapan yang tepat untuk kondisi di era modern seperti sekarang. Bukan dengan perang, bahaya perpecahan belakangan justru ditimbulkan akibat penggunaan media sosial yang kurang tepat. Salah satu contoh paling marak ialah penyebaran berita hoax yang sering kali memicu amarah antar satu kelompok dengan kelompok lainnya.

Nah, mendekati Hari Perdamaian Dunia yang jatuh tanggal 21 September, marilah bersama-sama menghentikan permusuhan sesuai dengan tujuan utama perdamaian dunia berikut ini.

 

Tujuan Utama Perdamaian Dunia

Hari Perdamaian Dunia telah ditetapkan sejak tahun 1981. Tujuan utama perdamaian dunia ialah untuk mempererat tekad persatuan di antara bangsa-bangsa di seluruh dunia. Menengok kisah di masa lalu, saat perang dunia berlangsung, perpecahan terjadi di mana-mana hingga mengakibatkan puluhan juta nyawa di dunia melayang. Oleh karena itu, selesainya Perang Dunia II, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) akhirnya merancang strategi untuk memperkuat perdamaian dunia.

Adapun peran PBB dalam menjaga perdamaian dunia ialah sebagai mediator bagi negara-negara yang tengah berselisih, menawarkan gencatan senjata apabila terjadi konflik bersenjata, dan upaya terakhir untuk menangani konflik yang mengancam perdamaian internasional adalah dengan penerapan sanksi.

Ada dua jenis sanksi yang umumnya diberikan yakni berbentuk verbal atau kecaman dan intervensi militer. Sejumlah contoh sanksi yang pernah diberikan PBB ialah pelarangan pelayaran dan terbang, isolasi diplomatik, serta embargo militer.

 

3 Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Menjaga Perdamaian Dunia

Meski PBB memiliki tugas utama untuk menjaga keamanan dan ketertiban dunia, namun bukan berarti Anda bisa lepas tangan. Sejatinya, menciptakan perdamaian bisa dimulai dari pribadi masing-masing seperti 3 upaya rangkuman Primaindisoft berikut ini:

 

  1. Luangkan Waktu untuk Membantu Orang Lain

Salah satu strategi PBB untuk menciptakan perdamaian ialah melakukan pemerataan ekonomi dan sosial. Dari strategi tersebut cobalah sesekali rehat dari rutinitas kemudian bantulah orang-orang yang membutuhkan dengan memberi makanan bagi tunawisma atau menjadi relawan.

 

  1. Stop Berprasangka Buruk dan Hormati Orang Lain

Bukan tugas kita untuk menghakimi orang lain. Termasuk berprasangka buruk terhadapnya. Apapun jenis perbedaan yang terjadi di tengah masyarakat, ada baiknya untuk saling menghormati. Dengan catatan, perbedaan tersebut tidak melanggar hukum.

 

  1. Bijak dalam Bermain Media Sosial

Seperti yang dijelaskan pada kalimat pembuka, sebagai generasi yang aktif bermain media sosial usahakan untuk bijak dalam menggunakannya. Tak jarang, perpecahan timbul akibat pemberitaan bohong yang sering disebarkan melalui media sosial.

 

Bagaimana, kini Anda sudah tahu tujuan utama perdamaian dunia, kan? Selamat memperingati Hari Perdamaian Dunia dan jangan lupa untuk selalu melakukan kebaikan pada sesama, ya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?