Memaknai Sumpah Pemuda, Lakukan 5 Hal Ini di Kehidupan Sehari-Hari

Sumpah Pemuda; buah perjuangan para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 untuk menyatukan bangsa. Makna Sumpah Pemuda tidak sebatas teriakan ikrar pemuda Indonesia, tetapi juga kontribusi nyata dari mereka. Jadi, bagi kamu—yang memasuki dunia remaja—berikut hal-hal yang bisa dilakukan untuk memaknai Sumpah Pemuda.

  • Rajin Belajar—Bukti Bahwa Kamu Bertekad Memajukan Bangsa

Kamu pernah bolos sekolah? Mulai hari ini, ubah kebiasaan itu sebagai upaya memaknai Sumpah Pemuda. Tanamkan semangat para pemuda zaman dulu secara mendalam di sanubarimu.

Wujudkan semangat tersebut dengan cara rajin belajar. Meskipun kamu tidak sepandai teman-teman, teruslah melaju. Kalau kamu suka menari, kejarlah prestasi di bidang ini. Begitu pun jika gemar olahraga? Carilah celah untuk mengembangkan kemampuan agar bisa membanggakan Indonesia.

  • Tidak Malu Menggunakan Bahasa Indonesia—Menguji Kebanggaanmu pada Nusantara

Kamu ingat salah satu bunyi Sumpah Pemuda? Poinnya tentang Bahasa Indonesia, kan? Inilah janji para pemuda pelopor Sumpah Pemuda untuk selalu menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Nah, kamu bisa memaknai Sumpah Pemuda dengan menerapkan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, ketika membuat tulisan, pastikan menggunakan pedoman EYD (Ejaan yang Disempurnakan). Atau mungkin saat bertutur kata, belajarlah untuk menyampaikan dalam Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

  • Hormati Perbedaan dan Jangan Saling Menyalahkan

Salah satu tujuan Sumpah Pemuda adalah memersatukan perbedaan di Indonesia. Ikrar ini mengajarkan pemuda untuk mengutamakan kepentingan bersama di atas pribadi maupun golongan. Karena itu, kamu pun tidak boleh bersikap egois, apalagi mau menang sendiri.

Kalau ada teman yang berbeda, hargai pendapatnya. Begitu pula ketika temanmu melakukan kesalahan, jangan buru-buru menyalahkan. Lebih baik kalian mencari solusi bersama sehingga masalah bisa diselesaikan tanpa pertengkaran.

  • Aktif dalam Organisasi atau Ekstrakurikuler di Sekolah

Sumpah Pemuda dicetuskan oleh para pemuda yang selalu aktif dan berkontribusi demi kemajuan bangsa. Kamu juga bisa meniru mereka dengan aktif mengikuti berbagai kegiatan di sekolah. Misalnya, ikut ekstrakurikuler olahraga basket, jadi pengurus OSIS, atau berpartisipasi dalam Pramuka.

 

Nah, sekarang sudah tahu, kan? Cara memaknai Sumpah Pemuda dengan hal-hal paling sederhana. Yuk, jaga Indonesia dengan terus menanamkan semangat kebangsaan dan merawat nasionalisme dalam diri masing-masing.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?