Maknai Sumpah Pemuda dengan Cara yang Kekinian

Tepat di tanggal 28 Oktober mendatang, bangsa Indonesia akan memperingati hari Sumpah Pemuda. Pastinya, sebagai generasi masa depan, kamu punya pandangan berbeda dalam memaknai Sumpah Pemuda. Tapi, apa pun pandanganmu, momen bersejarah tersebut bisa diperingati dengan cara yang kekinian berikut ini.

  • Tetap Bersatu Meskipun Punya Banyak Perbedaan

Kamu suka berpendapat di media sosial? Hal itu sah-sah saja selagi berada di koridor yang benar. Misalnya, ada yang tidak setuju dengan pendapatmu; jangan langsung marah padanya. Jika harus memberikan tanggapan, sampaikan secara halus dan sopan.

Intinya, tetaplah bersatu walaupun kamu dan dia berbeda. Jangan mudah dipecah belah, apalagi terprovokasi oleh berita hoax. Dengan begitu, kamu bisa menjadi generasi muda yang menjaga persatuan seperti halnya tertulis dalam teks Sumpah Pemuda.

  • Bersikap Peduli pada Orang Lain

Sumpah Pemuda terlahir atas kepedulian para pemuda zaman dulu. Mereka peduli pada nasib bangsa Indonesia. Mereka menginginkan rakyat Nusantara bersatu untuk membangun negara yang berdaulat.

Artinya, kamu pun mesti meneruskan cita-cita para pemuda pencetus Sumpah Pemuda tersebut. Mulailah dari hal sederhana, semisal ikut bergotong-royong saat ada kerja bakti di lingkungan rumah. Atau bisa juga  dengan membantu teman satu sekolah yang sedang dalam kesulitan ekonomi.

  • Senantiasa Menjaga Kebersihan Lingkungan

Kamu ingin mengubah Indonesia sebagai wujud semangat Sumpah Pemuda? Cobalah mulai dengan menjaga kebersihan lingkungan. Misalnya, membuang sampah di tempat sampah, tidak merusak tanaman, dan selalu menjalankan tugas piket harian.

  • Peringati Sumpah Pemuda dengan Mengenakan Pakaian Adat

Zaman yang terus berganti bukan berarti kamu meninggalkan jati diri bangsa ini. Justru, di momen Sumpah Pemuda, wajib untuk menunjukkannya kembali. Salah satu caranya dengan berinisiatif mengajak teman-teman memakai pakaian adat. Kamu bisa ajukan kegiatan tersebut kepada pihak sekolah sebagai bentuk kepedulianmu.

  • Bangga Menggunakan Bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia adalah salah satu identitas bangsa Indonesia. Sebagai generasi kekinian, kamu tak perlu malu menggunakan Bahasa Indonesia dalam kehidupan sehari-hari. Ini bisa menjadi salah satu caramu untuk mewujudkan makna dalam teks Sumpah Pemuda.

Nah, generasi zaman now, kini saatnya kamu menerapkan cara-cara di atas untuk memaknai hari Sumpah Pemuda. Terus belajar dan bersemangat meraih cita-cita agar Indonesia menjadi lebih baik di masa depan. Selamat memperingati Sumpah Pemuda.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?