4 Ide Unik Reward untuk Merayakan Keberhasilan Si Kecil

Anda ingin mengapresiasi keberhasilan si kecil melakukan sesuatu? Yuk, intip 4 ide unik reward berikut yang bisa Anda coba di rumah.

Jika Anda ingin membentuk dan meningkatkan perilaku anak, sistem reward adalah salah satu cara yang tepat. Reward bisa memperkuat dan mendorong anak melakukan perilaku sama berulang kali. Reward untuk anak umum dilakukan pada anak usia TK atau prasekolah.

Anda bisa menggunakan sistem ini saat hendak membiasakan perilaku baru pada anak. Ketika ia berhasil melakukan sesuatu, reward diberikan sebagai bentuk apresiasi Anda pada anak. Reward juga membantu menumbuhkan motivasi dari dalam diri anak secara perlahan. Apabila Anda melakukannya secara konsisten, perilaku itu akan menetap dan anak juga mempunyai kesadaran untuk berbuat tanpa perlu diiming-imingi.

Apakah reward identik dengan sesuatu yang mahal atau mewah? Tentu tidak! Bahkan, Anda tidak harus membeli barang tertentu sebagai reward dalam merayakan keberhasilan si kecil. Berikut 4 ide unik reward yang bisa Anda berikan.

Pujian

Terdengar klise memang, tetapi pujian cukup efektif untuk anak usia TK. Namun, hati-hati jangan terlalu sering membanjiri anak dengan pujian. Daripada memuji hasil semata, taruh perhatian Anda pada usahanya. Sebagai contoh, anak tengah berusaha memakai sepatu tali sendiri. Meski hasilnya kurang rapi, Anda bisa memuji usaha keras yang ia lakukan.

Kotak harta karun

Kadang pujian saja tak cukup. Maka, Anda bisa memberinya sebuah kotak berisi “harta karun” berupa barang-barang kesukaan si kecil. Tidak usah membeli yang mahal, cukup isi kotak kecil berisi makanan, minuman, camilan, atau mainan favorit anak. Bungkus sedemikian rupa agar terlihat seperti hadiah. Lalu, berikan pada anak saat ia berhasil melakukan sesuatu.

Melakukan aktivitas seru bersama

Anda dapat pula merayakan keberhasilan anak lewat aktivitas seru bersama. Misalnya, mengajak anak bermain board game, pergi ke taman kota atau playground, makan di restoran favoritnya, atau sekadar cerita pengantar tidur tambahan. Membuat kerajinan bersama juga bisa jadi pilihan aktivitas seru, seperti finger painting dandaur ulang kardus bekas.

Ekstra screen-time

Anda bisa menjadikan ekstra screen-time sebagai reward saat ia berhasil melakukan sesuatu. Tambahan sekitar 15 menit per hari, misalnya, sudah cukup. Agar waktu pemakaian gadget lebih optimal, Anda bisa mengajak anak mengakses materi belajar digital untuk TK A dan TK B di Primaindisoft. Tampilan grafis menarik didukung metode pembelajaran interaktif akan mengubah screen-time menjadi sesi belajar yang menyenangkan bagi si kecil.

Itulah 4 ide unik reward untuk anak usia TK yang bisa Anda coba di rumah. Pemberian reward pada waktu yang tepat akan membantu Anda menanamkan nilai-nilai dalam diri anak sedini mungkin. Semoga bisa jadi inspirasi!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?