5 Cara Menanamkan Semangat Sumpah Pemuda pada Anak

Cara pandang dan sikap anak terhadap makna Sumpah Pemuda tergantung pada peran orang tua. Pasalnya, keluarga adalah sekolah pertama yang membentuk karakter anak. Jadi, apa pun yang diajarkan oleh orang tua, itulah yang melekat di dalam jiwa dan hatinya.

Lantas, bagaimana cara tepat untuk menumbuhkan semangat Sumpah Pemuda pada si kecil? Berikut hal-hal yang bisa Anda lakukan.

  • Pastikan Anak Bisa Menghafal Teks Sumpah Pemuda, Sambil Anda Jelaskan Maknanya

Lebih dari 64 persen anak muda di Indonesia tidak hafal teks Sumpah Pemuda. Tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi pada si kecil, bukan? Karena itu, biasakan ia untuk membacakan teks Sumpah Pemuda di momen tertentu. Semisal, saat peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober atau setiap Senin sebelum berangkat sekolah.

Setelah ia hafal betul dengan teksnya, Anda bisa menjelaskan makna isi naskah Sumpah Pemuda. Paparkan per poin saja, tak perlu terburu-buru. Kalau semua poin sudah ia pahami, minta anak untuk mengungkapkannya kembali dengan bahasa sendiri.

  • Perkenalkan Budaya Indonesia agar Tumbuh Semangat Cinta Tanah Air

Anda ingin anak memahami poin pertama dari teks Sumpah Pemuda? Mulailah dengan mengenalkan ragam budaya Nusantara. Ceritakan kepadanya tentang suku di Indonesia, rumah adat, makanan, baju adat, sampai sejarah Nusantara. Kemas cerita secara apik agar anak tertarik dan tumbuh rasa cinta terhadap tanah airnya.

  • Ajarkan Cara Menghormati Perbedaan

Untuk mengajarkan hal ini, Anda bisa mulai dari diri sendiri. Agar ia mau menghormati orang lain, awali dengan menghargai setiap pendapatnya—sekalipun kurang penting. Pastikan si kecil merasa dihargai oleh Anda sehingga ia pun mengerti cara menghargai teman-temannya.

  • Tumbuhkan Semangat Berprestasi di dalam Diri Anak

Tekankan kepada si kecil, bahwa memaknai Sumpah Pemuda bisa diwujudkan dengan mengejar prestasi. Dorong ia untuk meraih mimpi-mimpinya; berikan dukungan penuh. Pastikan anak memiliki semangat tinggi dan pantang menyerah demi memajukan bangsa.

  • Ajak Si Kecil untuk Berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia

Dari mana pun Anda berasal, Bahasa Indonesia tetap harus diajarkan kepada si kecil. Biasakan menggunakan Bahasa Indonesia ketika berkomunikasi dengannya. Kalau keluarga Anda memakai bahasa daerah, jadwalkan di hari tertentu untuk menerapkan Bahasa Indonesia. Dengan begitu, rasa cinta terhadap bahasa pemersatu bangsa akan tumbuh di dalam diri anak.

 

Itulah cara memahamkan makna Sumpah Pemuda kepada anak di usia sekolah dasar. Teruslah berusaha untuk menumbuhkan semangat Sumpah Pemuda pada si kecil agar terbentuk nasionalisme di dalam dirinya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?