Lulus UN dengan Nilai Terbaik Mengapa Tidak? Berikut 5 Kunci Suksesnya

Menjelang kelulusan, ujian nasional sering kali menjadi momen terberat bagi seorang siswa. Tuntutan lulus dengan nilai terbaik pun sukses membuat siswa mudah stres saat mendekati ujian. Nah, untuk mengurangi beban kamu, berikut 5 tips mendapatkan nilai UN terbaik yang bisa dipraktikkan.

 

  1. Belajar Tekun Sejak Awal Masuk

Meski ujian nasional dilakukan pada jenjang terakhir sekolah, salah satu tips untuk menaklukkan UN adalah dengan mempersiapkannya sejak kelas 1, kelas 7, atau kelas 10. Pada masa-masa tersebut, kamu akan banyak belajar materi dasar. Bila berhasil melalui jenjang pertama, maka memahami pelajaran di jenjang selanjutnya pun akan mudah.

 

  1. Pelajari Kisi-Kisi Ujian Nasional

Meskipun soal yang ke luar nantinya tidak sama persis, namun jenis soal dan metode pengerjaannya kebanyakan hampir mirip. Dapatkan soal-soal ujian tahun lalu melalui kumpulan soal UN yang bisa dibeli di toko buku atau dengan browsing di internet seperti yang telah tersedia di Primaindisoft.com melalui Aplikasi Latihan Ujian Nasional (ALUN). Selama berlatih, cobalah untuk mengerjakannya secara mandiri agar terbiasa. Setelah selesai, barulah kamu bisa melihat kunci jawaban yang tersedia.

 

  1. Pilih Strategi Belajar yang Nyaman

Supaya materi yang dipelajari terserap dengan baik, masing-masing orang tentu punya strategi belajar yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan strategi belajar yang kamu miliki? Kalau proses belajar tergolong amburadul, kamu bisa mencoba menerapkan Teknik Pomodoro—strategi belajar selama 25 menit secara maksimal dan 10 menit berikutnya adalah waktu istirahat. Teknik Pomodoro ini dilakukan secara berulang sesuai dengan jam belajar kamu.

 

  1. Temukan Solusi Belajar yang Efektif

Belajar terkadang menjadi hal yang melelahkan, terutama ketika ada soal-soal sulit yang tidak bisa dipahami dan memicu seseorang untuk menyerah. Padahal ujian nasional tinggal menghitung hari. Tak perlu khawatir, kini kamu bisa menggunakan Primaindisoft sebagai media belajar online yang efektif. Melalui Primandisoft, kamu akan menemukan beragam materi pendukung kurikulum yang dikemas secara menarik dan mudah dipahami sehingga membantu proses belajar jadi lebih menyenangkan.

 

  1. Berdoa dan Percaya Diri

Belajar sekeras apa pun tidak akan ada artinya kalau kamu tidak berdoa. Oleh karena itu, sebelum mengerjakan soal ujian nasional, usahakan selalu meminta kepada Sang Pencipta supaya diberikan kemudahan dan kelancaran. Selain itu, rasa percaya diri akan kemampuanmu dalam mengerjakan soal ujian pun harus tetap dijaga. Bila menemukan soal yang sulit, kerjakan dengan tenang dan fokus. Yakinkan diri bila kamu bisa menjawabnya dengan benar.

 

Itulah 5 tips lulus UN dengan nilai terbaik yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika mengerjakan soal ujian nantinya, ya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?