Fisika Tak lagi Menyeramkan, Kuasai 5 Trik Menghafal Rumusnya Jelang UN

Salah satu alasan yang membuat banyak siswa kurang menyukai pelajaran fisika adalah banyaknya rumus yang harus dihafalkan. Belum lagi memahami cara menerapkan rumus pada soal-soalnya.

Mumpung ujian nasional masih lama, kamu masih punya banyak waktu untuk memantapkan pemahaman materi fisika, termasuk mengingat rumus-rumusnya. Nah, agar belajar fisika tidak lagi menegangkan, ada beberapa trik menghafal rumus yang bisa kamu terapkan, seperti:

  1. Buat Catatan Kecil

Cobalah untuk membuat buku catatan kecil berisi rumus-rumus fisika yang sering muncul dalam soal ujian. Kamu bisa membawa catatan tersebut ke mana pun sembari melihat kembali rangkuman rumus yang sudah dibuat. Ala bisa karena biasa; makin sering dibaca, makin mudah pula untuk menghafal rumusnya.

  1. Buat Strategi Hafalan dari Hal-hal yang Disukai

Biasanya, guru sering memberikan trik hafalan rumus atau mnemonic. Bagi siswa jurusan IPA, rumus sinus, kosinus, dan tangen SINDEMI COSAMI TANDESA pasti bukan hal asing. Kamu juga bisa membuat strategi mnemonic serupa, tapi menggunakan hal-hal yang familier, misalnya nama teman, nama artis idola, atau hewan peliharaan.

  1. Pahami Setiap Bagian Rumus

Jika hanya asal menghafal, rumus tidak akan melekat di otak. Cobalah pahami fungsi masing-masing variabel yang ada pada rumus serta cara kerjanya. Misalnya, jika ingin mencari tahu kecepatan, pahami bahwa kamu perlu mengetahui jarak perpindahan serta waktu yang dibutuhkan. Karenanya, kamu perlu membagi jarak yang ditempuh dengan waktu yang dibutuhkan, seperti dalam rumus s (speed)= d (distance) / t (time).

  1. Latih Kemampuan Aplikasi Rumus

Setelah memahami rumus, kamu harus banyak melatihnya dengan menggunakan angka dan tingkat kesulitan yang berbeda. Semakin sering dilatih, kamu jadi terbiasa menghadapi soal fisika dengan berbagai tingkat kesulitan.

  1. Perbanyak Latihan Soal

Agar pemahaman materi fisika semakin mantap, perbanyaklah mengerjakan latihan soal-soal ujian nasional. Kamu bisa coba membeli buku persiapan UN atau meminta soal-soal ujian nasional tahun sebelumnya dari guru.

Di internet juga banyak tersedia soal latihan ujian nasional. Primaindisoft, platform belajar online juga punya koleksi soal dan materi pelajaran ujian nasional untuk jenjang SD, SMP, dan SMA. Kalau bergabung menjadi anggota, kamu bisa mengakses ALUN (Aplikasi Latihan Ujian Nasional) untuk memantapkan persiapan materi jelang UN.

Karenanya, pastikan lengkapi persiapan belajar menjelang UN dengan banyak mengerjakan soal-soal latihan. Dengan Primaindisoft, kamu bisa menghadapi ujian nasional lebih tenang berkat konten edukasinya yang menarik. Klik di sini untuk bergabung menjadi anggotanya, ya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?