Ketahui 5 Manfaat Menakjubkan Donor Darah bagi Kesehatan

Donor darah bukan hanya memberikan manfaat untuk orang yang membutuhkan. Pendonor pun ikut merasakan manfaatnya, lho. Simak beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan berikut ini.

Anda mungkin termasuk salah satu orang yang gemar donor darah. Motivasi untuk donor darah bisa jadi semata-mata karena latar belakang kemanusiaan. Namun, tahukah Anda? Sejumlah riset ilmiah justru membuktikan donor darah juga dapat memberikan manfaat kesehatan yang luar biasa bagi pendonor.

 

 

Penasaran apa saja manfaat kesehatan yang bisa Anda rasakan dari donor darah? Berikut beberapa poin penting yang wajib Anda ketahui:

1.Mengurangi risiko kanker

Melalui donor darah, kadar zat besi yang berlebihan dapat dikurangi secara signifikan. Jumlah zat besi yang berlebih dalam tubuh manusia berpotensi meningkatkan kadar radikal bebas, yang notabene merupakan salah satu faktor tumbuhnya sel kanker.

Dalam penelitian yang melibatkan 1.200 responden yang terbagi dalam dua kelompok, terbukti bahwa kelompok yang rutin melakukan donor darah setidaknya dua kali setahun memiliki kadar zat besi stabil serta risiko kanker lebih rendah dibanding kelompok yang tidak pernah donor darah.

  1. Mengurangi risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah

Rutin donor darah terbukti efektif melancarkan aliran darah sekaligus mencegah potensi penyumbatan arteri. Bahkan, menurut penelitian, risiko penyakit jantung dapat berkurang hingga 88% dengan rutin melakukan donor darah. Penyakit yang berkaitan dengan gangguan pembuluh darah seperti stroke juga dapat dikurangi risikonya dengan donor darah.

  1. Membantu menurunkan berat badan

Kabar baik bagi yang tengah berjuang menurunkan berat badan. Donor darah juga dinilai efektif dalam menurunkan berat badan dalam jumlah yang signifikan. Dalam setiap 450 ml darah yang didonorkan, seseorang dapat mengurangi sekitar 500 kalori dari tubuh. Namun, jangan jadikan donor darah sebagai metode diet, ya. Tetap imbangi dengan pola makan sehat dan olahraga teratur.

Bagaimana menentukan asupan makanan sehari-hari yang tepat sesuai kebutuhan tubuh kita? yuk coba hitung dengan penghitung mesin kalori ini.

  1. Donor darah mampu mendeteksi penyakit serius

Sebelum donor darah, kita wajib menjalani pemeriksaan bobot tubuh, kadar hemoglobin, denyut nadi, dan tekanan darah. Dari pemeriksaan tersebut, dapat terdeteksi berbagai potensi penyakit seperti malaria, sipilis, hepatitis B dan C, hingga HIV/AIDS.

  1. Meningkatkan produksi sel darah merah

Saat donor darah, jumlah sel darah merah akan berkurang. Karena jumlahnya terus berkurang, sumsum tulang belakang secara otomatis akan memproduksi sel darah merah baru. Proses penggantian sel darah merah ini dapat berlangsung berminggu-minggu. Dengan rutin melakukan donor darah, tubuh dapat terstimulasi untuk memproduksi sel darah merah baru secara teratur.

Nah, itulah beberapa manfaat donor darah bagi kesehatan. Kamu juga bisa belajar tentang sistem peredaran darah untuk tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan tubuh. Mulai sekarang, yuk masukkan kegiatan donor darah ke dalam agenda rutin kamu!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?