Belajar Matematika Jadi Lebih Mudah dengan 3 Cara Ini

Dengan sejumlah tips berikut, putra-putri Anda di tingkat Sekolah Dasar dapat belajar matematika dengan lebih cepat, mudah, dan menyenangkan.

 

Matematika sering dianggap sebagai pelajaran yang sulit, termasuk oleh anak-anak yang masih duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Oleh karena itu, diperlukan metode dan strategi yang tepat agar anak dapat memahami konsep matematika dengan cepat, mudah, dan menyenangkan.

Berikut adalah beberapa tips belajar matematika SD yang dapat diterapkan untuk memperkenalkan sejumlah konsep dasar matematika pada anak.

1.     Gunakan media Flash Cards

Flash cards merupakan media pembelajaran berupa satu set kartu yang berisi kata atau gambar. Media ini banyak digunakan dalam aktivitas pembelajaran dan pemberian materi lintas bidang. Nah, Anda pun dapat membuat flash cards sendiri untuk mengajarkan konsep-konsep dasar matematika pada anak.

Di setiap kartunya, Anda bisa menuliskan konsep atau rumus matematika yang tengah dipelajari anak di sekolah. Berikan pula contoh soal dari setiap konsep yang dituliskan. Karena metode pembelajaran menggunakan flash card terbilang mudah dan ringan, anak dapat menyerap konsep yang diajarkan dengan lebih cepat.

2.     Ajak anak belajar sambil bermain

Di samping flash cards yang sudah sering digunakan sebagai media pembelajaran, Anda bisa mengajarkan matematika pada anak dengan menggunakan permainan. Permainan balok atau Lego, contohnya, dapat digunakan untuk memperkenalkan nama-nama bangun datar dan bangun ruang yang dipelajari di Sekolah Dasar.

3.     Libatkan konsep matematika dalam kehidupan sehari-hari

Salah satu cara efektif untuk membuat anak memahami konsep matematika adalah dengan menghubungkan hal yang mereka pelajari di sekolah dengan kehidupan sehari-hari.

Misalnya, saat terjebak macet dalam perjalanan, Anda dapat meminta anak untuk menjumlahkan angka-angka pada plat nomor kendaraan yang terlihat. Selain itu, Anda dapat menjelaskan konsep pecahan saat memakan buah atau piza dan memperkenalkan konsep nominal mata uang saat berbelanja.

Selain sejumlah tips belajar matematika SD di atas, Anda juga dapat mengajak anak-anak untuk mengerjakan berbagai latihan soal matematika di Primaindisoft. Berbagai materi dan latihan di situs pembelajaran tersebut dapat melatih kemampuan anak menyelesaikan berbagai bentuk soal matematika di sekolah.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?