5 Manfaat yang Bisa Dirasakan saat Belajar Kelompok bersama Teman

Ingin tahu apa saja manfaat belajar kelompok yang bisa kamu rasakan? Yuk, simak penjelasannya di sini!

 

Collaborative work atau kegiatan belajar kelompok bersama teman ternyata menyimpan berbagai manfaat yang bisa dirasakan oleh setiap anggota secara individual. Manfaat tersebut meliputi berbagai aspek, dari peningkatan kemampuan kognitif hingga produktivitas.

Lima poin di bawah ini adalah sebagian kecil dari banyaknya manfaat belajar kelompok yang bisa kamu rasakan.

1.     Membantumu mendapatkan perspektif baru

Saat belajar seorang diri, kamu hanya melihat satu materi atau permasalahan dari satu sudut pandang, yakni sudut pandangmu sendiri. Nah, ketika belajar kelompok, kamu bisa mendapatkan sudut pandang berbeda dari orang lain. Hal ini bermanfaat dalam membuat pikiranmu menjadi lebih terbuka dalam mencari alternatif dari satu masalah yang sama.

2.     Mengembangkan keterampilan berpikir kritis

Keterampilan berpikir kritis (critical thinking) tengah banyak dipromosikan di era digital ini. Keterampilan tersebut dianggap sangat penting untuk dimiliki generasi masa kini dan masa depan.

Dalam ruang lingkup dunia sekolah, salah satu cara yang bisa menstimulasi kemampuan berpikir kritis adalah aktivitas belajar kelompok. Dengan aktivitas ini, kamu akan terlatih untuk menerima perspektif orang lain dan menanggapinya sesuai pemahamanmu sendiri.

3.     Menstimulasi cara belajar yang aktif

Belajar kelompok biasanya mengharuskan kamu untuk melakukan tanya-jawab atau diskusi. Bagi kamu yang biasanya bersikap pasif, belajar kelompok bisa melatihmu untuk lebih aktif saat melakukan diskusi langsung bersama teman-teman sekelompok.

4.     Meningkatkan kemampuan berinteraksi dan bersosialisasi

Manfaat belajar kelompok selanjutnya adalah meningkatkan kemampuan sosialmu. Belajar bersama dalam suatu kelompok memerlukan interaksi antara satu anggota dengan anggota lainnya. Hal ini memberikan pengaruh positif terhadap kemampuanmu dalam bersosialisasi dan bekerja sama dengan orang lain.

5.     Mengembangkan berbagai jenis soft skill

Terakhir tetapi tidak kalah penting, belajar kelompok akan membantumu dalam mengembangkan berbagai jenis soft skill. Keterampilan tersebut meliputi kemampuan memecahkan masalah, bernegosiasi, menjalin kerja sama, serta menyelesaikan konflik yang mungkin terjadi.

 

Itulah sejumlah manfaat yang bisa dirasakan saat kamu dan teman-teman terlibat dalam aktivitas belajar kelompok.

Agar kegiatan kelompok yang dilakukan semakin menyenangkan, kamu bisa memanfaatkan berbagai materi pembelajaran dan latihan soal untuk siswa SMA di website Primaindisoft. Membahas materi atau mengerjakan soal-soal bersama kelompok belajarmu tentu akan menjadi aktivitas yang menarik untuk dilakukan.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?