3 Cara Seru Memperingati Hari Palang Merah Bersama Siswa

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan salah satu organisasi tertua milik pemerintah yang bergerak di bidang non-profit dan kemanusiaan. PMI sendiri mulai terbentuk pada tanggal 17 September 1945, dengan ketua pertamanya, Drs. Mohammad Hatta yang saat itu juga menjabat sebagai wakil presiden pertama negeri ini. Sejak saat itu, tanggal 17 September diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia.

Untuk memperingati hari bersejarah ini, ada banyak sekali kegiatan yang bisa kita lakukan bersama siswa. Kegiatan tersebut haruslah kegiatan yang bermanfaat dan dapat menstimulasi sisi kemanusiaan mereka sehingga saat dewasa nanti anak tumbuh menjadi pribadi yang memiliki empati terhadap lingkungan maupun sesama.

 

 

Sebagai referensi, berikut 3 kegiatan seru yang bisa Anda lakukan saat peringatan hari PMI, di antaranya :

1. Kunjungan ke lokasi bencana

Lokasi bencana merupakan salah satu tempat yang tepat untuk menstimulasi rasa kemanusiaan siswa. Di sini mereka bisa melihat langsung bagaimana para pengungsi berjuang melewati hari akibat keterbatasan tempat dan suplai kebutuhan sehari-hari. Jadi secara tidak langsung, anak-anak akan dirangsang untuk ikut merasakan kesulitan para pengungsi sehingga rasa empati dan keinginan untuk membantu di dalam diri mereka tumbuh secara alami.

2. Kegiatan donor darah

Donor darah merupakan salah satu kegiatan rutin dan sudah menjadi tradisi setiap peringatan Hari PMI. Agar siswa semakin tertarik, buatlah kegiatan donor darah yang seru dan menyenangkan. Bahkan kalau perlu, ajak mereka untuk menonton film tentang pentingnya donor darah supaya mereka tahu, betapa setetes darah yang diberikan bisa menjadi penyambung nyawa bagi orang-orang yang membutuhkan.

3. Bermain aplikasi interaktif

Selain melalui film, kita juga bisa mengajak anak belajar berbagai hal menarik tentang PMI melalui kuis dan trivia online. Sebagai referensi, Anda bisa mengakses situs Primaindisoft.com untuk mendapatkan berbagai konten seru, interaktif, dan dapat menstimulasi sifat kemanusiaan mereka.

Selain bisa melalui situsnya, Anda juga bisa meng-install aplikasi Primaindisoft ke laptop atau PC agar siswa bisa belajar tentang berbagai materi seru, kapanpun mereka mau. Menarik bukan? Mengingat semua konten yang ada di Primaindisoft dibuat berdasarkan kurikulum terbaru, dan disesuaikan dengan berbagai tingkatan pendidikan mulai dari TK hingga SMA.

Itulah 3 ide seru untuk memperingati Hari PMI, semoga bermanfaat.

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?