Jadi Guru Kreatif? Siapa Takut!

Coba Bapak Ibu ingat kembali, peristiwa atau pengalaman mengajar apa yang paling membanggakan.. Sebagian besar dari kita mungkin akan mengingat momen ketika siswa begitu asyik dengan aktivitas belajar yang kita adakan. Ingin momen seperti itu terulang kembali? Kuncinya, kita harus menjadi guru yang kreatif!

 

Ada tiga hal yang perlu kita perhatikan dalam mendorong kreativitas.

  1. Kreativitas ditentukan oleh seberapa dalam Bapak Ibu mengetahui materi dan seberapa luas penguasaan terhadap pengembangan materi tersebut.
  2. Cara berpikir dan kepribadian Bapak Ibu juga menentukan kreativitas, misalnya apakah Bapak Ibu adalah risk taker dan mau keluar dari zona nyaman.
  3. Kreativitas juga dapat didorong oleh keinginan Bapak Ibu untuk memecahkan masalah yang ada di dalam kelas, misalnya sulitnya menarik perhatian siswa saat belajar.

Bapak Ibu mungkin tidak bisa memaksakan kreativitas, namun kita dapat memaksimalkannya dengan cara mengetahui media atau instrumen yang tepat dalam mengajar. Simak beberapa media belajar menarik di bawah ini untuk melengkapi pembelajaran di dalam kelas.

 

Selamat mempraktikkan ide kreatif Bapak Ibu bersama siswa-siswa di kelas!

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?