Istilah yang Sering Digunakan Dalam Sepak Bola

 

Piala Dunia 2018 sedang berlangsung. Para penggemar sepak bola pasti sudah menantikan momen kejuaraan dunia yang dimainkan dalam empat tahun sekali ini. Untuk Anda yang awam dengan dunia sepak bola tapi juga ingin ikut keseruan Piala Dunia sebaiknya pelajari dulu istilah bola yang sering dipakai dalam main bola.Apa sajakah itu?

 

Istilah Tendangan

Kickoff: Awal dimulainya sebuah pertandingan

Penalti: Tendangan yang dilakukan dari titik penalti di dalam daerah penalti, dengan jarak 11 meter dari gawang. Tendangan ini terjadi karena terjadi pelanggaran di kotak penalti oleh tim bertahan.

Free kick: Tendangan bebas terjadi jika seorang pemain dilanggar oleh lawannya di luar kotak penalti.

Corner kick: Tendangan dari daerah sudut lapangan karena bola melewati garis gawang setelah menyentuh pemain bertahan.

Tendangan gawang: Tendangan yang dilakukan dari daerah gawang sebagai akibat keluarnya bola melewati garis gawang, dimana sentuhan terakhir dilakukan oleh pemain penyerang.

 

Istilah Pelanggaran

Foul: pelanggaran berat yang terjadi selama permainan sepak bola.

Handsball: Pemain (selain kiper) menyentuh bola dengan tangan. Penjaga gawang juga akan dinyatakan handsball jika menyentuh bola di luar daerah penalti.

Offside: Artinya pemain penyerang berada pada posisi lebih dekat ke gawang lawan dari pada pemain bertahan sebelum bola diumpan oleh rekannya.

Kartu Kuning: menandakan pelanggaran yang masih bisa ditolerir (professional foul) dan apabila mendapatkan kartu kuning kedua maka akan mendapat kartu merah.

Kartu Merah: menandakan pelanggaran berat dan akibatnya adalah pengusiran terhadap seorang pemain keluar lapangan.

 

Istilah Teknis

Agregat: Jumlah skor setelah bertanding antar kandang dan tandang, misalnya pada leg-1 Chelsea menang 1-0 atas Barcelona. Dan pada leg ke-2 Chelsea kalah 0-3, berarti agregat dari pertandingan tersebut adalah 1-3 untuk kemenangan Barca.

Ball Possesion: Penguasaan bola, artinya berapa lama waktu atau persentase bola jatuh ke kaki total seluruh pemain dari sebuah klub dalam sebuah pertandingan.

Counter Attack: Serangan balik.

Crossing: Umpan silang/umpan lambung.

Diving: Pemain yang sengaja menjatuhkan diri, seolah-olah dilanggar oleh pemain lawan, dengan harapan akan mendapat pelanggaran berupa seperti tendangan bebas atau penalti.

Passing: Umpan datar.

Dribbling: Teknik menggiring (membawa) bola.

Hattrick: Pemain yang mencetak 3 gol dalam satu pertandingan.

 

Istilah Waktu

Extra Time: Adalah waktu tambahan yang sedang berjalan (menit-menit akhir).

Full Time: Adalah akhir dari sebuah pertandingan/waktu pertandingan telah habis.

Half Time: Adalah pertengahan pertandingan atau waktu jeda/istirahat pada sepakbola, ketika babak pertama habis dan kemudian akan dilanjutkan ke babak kedua.

Injury Time: Adalah waktu tambahan yang sedang berjalan (menit-menit akhir).

Adu Penalti: Tendangan penalti yang dilakukan setelah pertandingan berakhir imbang dan telah melalui babak extra time, biasanya dilakukan oleh 5 orang penendang dari masing-masing tim.

Home and Away: Home artinya bermain di kandang sendiri dan Away bermain di kandang lawan.

 

 

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?