5 Game yang Bisa Membuat Belajar di Kelas Jadi Lebih Asyik

Saat siswa mulai terlihat bosan menyimak pelajaran, maka inilah saatnya untuk bermain game! Ya, bermain game di dalam kelas tentu bukan hal yang salah dalam pendidikan. Bapak Ibu bisa menciptakan suasana belajar asyik dengan game pembelajaran yang sesuai dengan minat siswa.

Permainan bukan hanya menyenangkan namun juga bisa melatih kekompakan, meningkatkan konsentrasi dan daya ingat. Suasana yang tadinya membosankan, mengantuk dan capek bisa hilang dengan sebuah permainan. Permainan dalam kelas juga dapat meningkatkan interaksi sosial antara guru dengan siswa atau antara siswa dengan siswa lainnya, sehingga bisa membuat yang tidak saling kenal menjadi kenal dan suasana menjadi tidak kaku.

Dengan permainan, siswa dapat merasakan bahwa belajar itu asyik. Berikut ini adalah beberapa game belajar yang bisa dilakukan di kelas.

1. Gerak dan lagu

Pembelajaran melalui gerak dan lagu sangatlah bervariasi. Contoh permainan dengan gerak dan lagu yang bisa diterapkan antara lain dengan lagu ‘Marina menari diatas menara’, ‘Kepala pundak lutut kaki’, hingga yang kekinian yaitu gerak dan lagu “Baby Shark”. Permainan gerak dan lagu ini akan menghilangkan kebosanan pada siswa saat pembelajaran.

2. Lakukan yang Guru Katakan

Permainan ‘Lakukan yang guru katakan’ sangat mudah untuk diterapkan. Guru akan mengatakan beberapa aba-aba, “pegang dagu”, “pegang hidung”, “pegang pipi”, “pegang dahi”, dan lainnya. siswa diharuskan untuk mengikuti aba-aba yang dikatakan guru. Untuk menjebak siswa, guru bisa memegang bagian yang tidak sesuai dengan perintah yang dikatakan. Permainan ini baik untuk melatih konsentrasi siswa.

3. Body Letter (beri image)

Pisahkan kelas menjadi kelompok kecil. Setiap kelompok harus memikirkan akronim tentang apa yang telah mereka pelajari di kelas. Ketika mereka menemukan akronim, kelompok harus menggunakan tubuh mereka untuk mengeja huruf-hurufnya. Misalnya: Ketika selesai menjelaskan fotosintesis, kelompok 1 membuat akronim CO2 yang berarti karbondioksida. Dengan game ini, guru dapat melihat apa yang diingat oleh siswa dan memberi siswa alat bantu untuk terus berkembang.

4. Bermain Game Memori

Game memori atau flashcard adalah sebuah game sederhana yang bisa membantu melatih daya ingat siswa kita. Nah, Bapak Ibu bisa mengintegrasikan teknologi di kelas dengan menggunakan game memori yang ada di Primaindisoft. Lihat Game Memori Planet untuk siswa kelas 6 SD, Game Memori Benda di Sekitarku untuk siswa kelas 1 SD, atau Game Memori Pahlawan Kemerdekaan untuk siswa kelas 4 SD. Siswa-siswa dapat berlomba untuk menyelesaikan game ini dengan langkah paling sedikit. Selain membantu siswa mengingat konsep, tentu pembelajaran menjadi lebih seru.

5. Berlatih Berhitung

Bagi beberapa siswa, Matematika adalah pelajaran menakutkan. Namun, tidak jika kita mengajak mereka mengerjakan latihan dalam bentuk game. Berbagai game di Primaindisoft.com dapat melatih siswa berhitung atau kemampuan Matematika lainnya. Misalnya, Game Meteor Shooter untuk berlatih konsep koordinat Kartesius, atau berlatih operasi hitung sederhana dengan Game Tendangan Penalti dan Game Pipa Berhitung
Ketika siswa sudah mulai memahami permainannya, Bapak Ibu dapat membuat variasi angka atau jenis soalnya.

Selamat bermain di kelas!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?