Inilah Penerapan Relasi dan Fungsi dalam Kehidupan Sehari-hari

Bingung dalam membedakan antara relasi dan fungsi? Simak penjelasan berikut ini, yuk!

Relasi dan fungsi merupakan salah satu materi matematika SMP yang sering kali membuat bingung murid. Benar begitu?

Buat kamu yang masih bingung dalam membedakan relasi dan fungsi, coba simak perbedaan relasi dan fungsi beserta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari berikut ini. Siapa tahu bisa membantu.

Relasi

Relasi menyatakan hubungan antara anggota suatu himpunan dengan anggota himpunan lainnya. Anggota yang saling berpasangan dinyatakan dalam bentuk relasi himpunan A dan himpunan B.

Contoh sederhananya adalah Kartu Keluarga. Misalnya keluarga A memiliki 3 anggota di dalamnya yaitu Anang, Asyanti, dan Aurel yang masing-masing berstatus sebagai kepala keluarga, istri, dan anak.

Anang, Asyanti, dan Aurel dikategorikan sebagai himpunan A (anggota keluarga), sedangkan kepala keluarga, istri, dan anak dikategorikan sebagai himpunan B (status hubungan dalam keluarga).

Bila dijabarkan hasilnya seperti ini:

  • Anang adalah kepala keluarga
  • Asyanti adalah istri
  • Aurel adalah anak

Dalam konsep matematikanya kamu bisa menuliskannya seperti ini:

(Anang, kepala keluarga), (Asyanti, istri), (Aurel, anak)

Fungsi

Sementara itu,  fungsi diartikan sebagai relasi dari himpunan A ke himpunan B, dengan syarat setiap anggota himpunan A harus punya satu pasangan dengan anggota himpunan B. Lalu, bagaimana cara membedakan relasi dan fungsi?

Bedanya terletak pada aturan keanggotaan. Dalam pemasangan anggota himpunan A dengan himpunan B tidak ada aturan khusus. Apabila 1 dari 3 anggota himpunan A tidak memiliki pasangan di himpunan B, maka hal tersebut masih bisa dikategorikan sebagai relasi, tapi bukan fungsi. Agar bisa dinyatakan sebagai fungsi, maka seluruh himpunan A harus berelasi dengan himpunan B.

Dalam kehidupan sehari-hari, fungsi dapat digunakan untuk menghitung jumlah tabungan dalam kurun waktu tertentu.

Nah, itulah penjelasan mengenai apa itu relasi dan fungsi, perbedaan ke duanya, serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Supaya lebih jelas, kamu bisa belajar dengan cara yang seru lewat Primaindisoft. Selamat belajar!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?