Bunda, Begini Cara Mengenali Ciri Si Kecil yang Sedang Stres

Bagaimana cara mengenali anak yang sedang stres? Simak ulasannya berikut ini!

Selain orang dewasa, stres juga bisa terjadi pada anak-anak, lho, Bunda. Dalam kondisi tertentu seperti konflik keluarga, pekerjaan sekolah yang menumpuk, sulit memahami materi belajar, sampai merasa tuntutan orang tua terlalu berlebihan bisa menyebabkan kondisi mental si kecil terganggu dan merasa tertekan.

Untuk mencegah dan menangani stres pada anak, hal pertama yang harus Anda tahu ialah bagaimana ciri-ciri anak yang sedang tertekan. Berikut informasinya.

  1. Perubahan Suasana Hati yang Mendadak

Bunda, bila akhir-akhir ini suasana hati si kecil berubah secara signifikan, bisa jadi mereka menunjukkan indikasi mengalami stres. Misalkan, bila biasanya si kecil merupakan anak yang penurut dan tidak cepat marah, saat mengalami stres mereka cenderung melakukan hal-hal yang kurang baik, seperti mudah menangis, suka membantah, hingga sering berbohong.

Bukan hanya itu, perubahan suasana hati yang tidak menentu terkadang membuat mereka lebih suka membatasi diri untuk berinteraksi dengan orang lain.

  • Sulit Berkonsentrasi

Stres yang berlebihan membuat seseorang mudah kehilangan konsentrasi, termasuk anak-anak. Dalam kondisi tertekan, stres akan mengambil alih fungsi otak sehingga fokus pun sulit tercipta.

Saat di rumah, coba perhatikan bagaimana ekspresi anak. Apabila mereka lebih suka menatap kosong atau menunduk saat melakukan aktivitas, itu berarti mereka sedang kehilangan konsentrasi. Bila hal ini terus dibiarkan bisa saja berdampak pada proses belajar si kecil.

  • Nafsu Makan Suka Naik Turun

Saat anak-anak dalam kondisi tertekan, biasanya pola makan mereka akan terganggu. Stres bisa membuat anak kehilangan nafsu makan atau bisa juga membuat mereka mengalami emotional eating, yaitu mengonsumsi makanan secara berlebihan.

Bila anak-anak menunjukkan dua kondisi tersebut, Anda patut curiga kalau mereka sedang mengalami stres.

Itulah 3 indikasi yang bisa menunjukkan ciri-ciri anak yang sedang stres. Untuk menanganinya, Anda bisa coba meluangkan waktu dan menjalin komunikasi yang terbuka agar mereka mau menceritakan duduk permasalahannya.

Bila penyebab stres diakibatkan karena materi pelajaran di sekolah yang kian hari makin sulit, Anda bisa memberikan ide untuk mencari media belajar yang interaktif agar mereka bisa memahami materi lebih mudah.

Salah satu media belajar online yang bisa anak-anak gunakan adalah Primaindisoft. Di sana si kecil bisa belajar dengan cara yang menyenangkan.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?