5 Tips Membagi Waktu untuk Remaja Aktif

Bingung membagi waktu sekolah dan waktu di luar sekolah dengan baik? Yuk, simak dan terapkan 5 tips membagi waktu untuk remaja aktif ini.

Membagi waktu di sekolah dan luar sekolah memang susah-susah gampang. Apalagi jika kamu memiliki seabrek kegiatan. Namun, kalau kamu bisa membagi waktu dengan baik, maka kegiatan di dalam maupun di luar sekolah bisa berjalan berbarengan. Berikut ini merupakan 5 tips membagi waktu untuk remaja aktif yang bisa dicoba.   

1.       Mengatur Jadwal

Menjadi remaja aktif dan memiliki kegiatan seabrek di dalam maupun luar sekolah bisa membuat capek. Apalagi jika kegiatan tersebut dapat membuat kegiatan sekolahmu terganggu. Nah, jika kamu sudah merasakan kesulitan melakukan aktivitas, sudah waktunya kamu membuat jadwal. Buat dan aturlah jadwal semua kegiatan agar tidak bentrok dengan kegiatan lain. Hindari juga kegiatan yang dapat mengganggu kegiatanmu di sekolah. Dengan memiliki jadwal, kamu bisa tetap eksis dan aktif di semua kegiatan.

2.    Disiplin

Jika kamu ingin tetap aktif di setiap kegiatan, kamu harus selalu disiplin dan konsisten mematuhi setiap kegiatan yang terjadwal. Memiliki sikap disiplin akan memudahkanmu melakukan semua kegiatan dengan baik. 

3.    Hindarkan Menunda Pekerjaan

Sebagai remaja yang memiliki banyak kegiatan, diperlukan pengaturan waktu yang baik. Hindari menunda pekerjaan baik pekerjaan rumah (PR) sekolah maupun pekerjaan yang berhubungan dengan kegiatan di luar sekolah. Semakin kamu menunda, semakin menumpuk pekerjaan nantinya.

4.       Sediakan Waktu untuk Istirahat

Melakukan banyak kegiatan yang positif bersama teman-teman sangatlah menyenangkan. Namun, kamu juga harus memiliki waktu istirahat. Sediakan waktu istirahat di antara waktu-waktu sibukmu agar badan tetap sehat dan fit ketika akan beraktivitas. Jangan sampai tenagamu diforsir sehingga kamu sakit.

5.       Manfaatkan Waktu Belajar di Kelas Secara Aktif

Dengan aktivitas yang bejibun, jangan sampai kamu kehilangan waktu untuk belajar. Manfaatkan waktu belajar di kelas dengan seoptimal dan seefektif mungkin. Belajarlah dengan aktif. Banyaklah bertanya kepada guru jika kamu tidak mengerti. Gunakan juga media belajar online untuk membantumu belajar.

Inilah 5 tips membagi waktu untuk remaja aktif di sekolah maupun luar sekolah. Coba terapkan tips ini agar kamu bisa sukses. Jika kamu ingin belajar mandiri secara online dengan asyik, kamu bisa bergabung di Primaindisoft. Di sini, kamu akan mendapatkan materi pelajaran di sekolah secara eksklusif dan lengkap.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?