Ini Pengertian Negara Persemakmuran dan Contohnya

Anak-anak perlu memahami dengan baik pengertian negara persemakmuran dan contohnya.

 

Secara umum pengertian Negara Persemakmuran dan contohnya, adalah sebuah organisasi beberapa negara atau pemerintahan, yang sebagian besar anggotanya adalah negara bekas jajahan. Sebagai contoh adalah Negara Persemakmuran (Commonwealth of Nations) Kerajaan Inggris, yang memiliki anggota 52 negara tersebar di seluruh penjuru dunia.

Kerajaan Inggris merupakan negara yang paling banyak negara jajahannya, jika dibandingkan dengan negara Belanda, Jerman, Prancis, atau Portugis. Namun, Inggris tetap memperhatikan nasib negara jajahannya salah satu organisasinya adalah Commonwealth of Nations.

 

Anggota Negara Persemakmuran (Commonwealth of Nations) Inggris Raya

Istilah Commonwealth (Persemakmuran) berasal dari abad XV yang secara harfiah berarti untuk kebaikan atau kemakmuran bersama. Negara Persemakmuran ini lahir dari hasil Konferensi Kerajaan pada akhir tahun 1920-an.  Setelah negara-negara yang dijajah oleh Kerajaan Inggris ini mendapatkan kemerdekaan, didirikanlah Persemakmuran yang bertujuan untuk menyatukan negara-negara bekas jajahan Kerajaan Inggris tersebut.

Negara Persemakmuran Inggris Raya ini meliputi:

  • Eropa (Britania Raya-Siprus-Malta).
  • Amerika (Kanada- Jamaika – Trinidad – Tobago – Barbados – Bahama – Grenada – Dominika – Saint Lucia – Saint Vincent – Grenadines -Antigua – Barbuda – Belize – Saint Kitts – Nevis – Guyana)
  • Afrika (Afrika Selatan – Ghana – Nigeria – Sierra Leone – Tanzania – Uganda – Kenya – Malawi – Zambia – Botswana – Lesotho -Mauritius – Swaziland- Seychelles – Namibia-Kamerun – Mozambik – Rwanda).
  • Asia (India – Pakistan- Sri Lanka – Malaysia – Singapura – Bangladesh – Maladewa – Brunei Darussalam).
  • Australia dan Oseania (Australia – Selandia Baru – Samoa – Tonga – Papua Nugini – Kepulauan Solomon – Vanuatu – Tuvalu – Kiribati – Nauru).

 

Semua Negara Anggota Persemakmuran (Commonwealth) tersebut menganggap Ratu Inggris yaitu Ratu Elizabeth II, sebagai ketua Persemakmuran. Bahkan sebagian Negara Anggota Persemakmuran ada yang mengakui Ratu Elizabeth II sebagai Kepala Negara antara lain Australia, Kanada, dan Selandia Baru.

 

Negara-negara yang menganggap Ratu Elizabeth II sebagai kepala negara ini dikenal sebagai Kerajaan Persemakmuran atau “Commonwealth Realm”. Sebagian besar anggotanya adalah Republik, dan sisanya telah mempunyai Monarki tersendiri. Nah, itulah penjelasan dan pengertian Negara Persemakmuran dan contohnya. Bila kamu ingin mempelajari tentang negara persemakmuran ini, kamu bisa belajar secara interaktif dan seru di Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?