Cara Menyenangkan Mengajarkan Anak Berbenah Kamar

Mengajari anak untuk berbenah kamar bisa dilakukan dengan permainan seru seperti mengelompokkan benda sesuai warna dan bentuk.

 

Seiring dengan berjalannya waktu, anak perlu diajari beberapa kewajiban kecil yang akan membuat mereka jadi mandiri saat dewasa. Salah satu kewajiban itu adalah berbenah kamarnya sendiri. Anak harus mulai diajarkan bagaimana cara berbenah yang benar agar kebiasaan ini menempel sampai kapan pun.

 

 

Nah, kalau Anda memiliki anak yang sudah mulai memasuki usia TK dan diharapkan bisa mandiri. Begini beberapa cara mengajarkan berbenah yang menyenangkan.

 

  1. Memberikan Contoh Langsung

Anak yang masih kecil tidak bisa langsung disuruh apalagi mereka tidak paham apa yang sedang Anda maksudkan. Daripada terus menyuruh dan Anda jadi emosi karena anak tidak juga melakukannya, lebih baik untuk segera memberikan contoh.

Anda bisa datang ke kamarnya sambil mengajak dia melakukan aktivitas berbenah. Beri contoh bagaimana cara melipat selimutnya dan merapikan bantal dengan benar. Selanjutnya minta anak untuk merapikan meja dan mainan dan memberi contoh secara langsung.

 

  1. Jangan Memaksa Terlalu Kasar

Tidak semua anak memang langsung mau untuk diajak berbenah kamarnya secara langsung. Butuh proses yang panjang hingga dia mau melakukannya. Jangan paksa, tapi tetap beri contoh dan ajak dia saat melakukannya.

 

  1. Gunakan Game Interaktif

Anda bisa menggunakan game interaktif anak TK merapikan barang di kamar dalam bentuk dan warna. Misal meminta anak untuk mengelompokkan bantal dengan warna sama atau yang bentuknya sama. Anda bisa membeli aneka sarung bantal lucu agar mereka mau bermain dan merapikan kamar yang dimiliki.

 

  1. Jangan Lupa Memuji Anak

Jangan lupa untuk memuji anak kalau mereka bisa merapikan kamar dan kasurnya dengan baik setiap harinya. Kadang kala apa yang dilakukan anak memang sering berantakan, Anda cukup merapikannya saja sambil dilihat anak agar mereka bisa berbenah dengan lebih sempurna. Oh ya, memuji boleh, tapi jangan selalu memberikan reward dalam bentuk benda atau makanan, ya.

 

Inilah ulasan tentang mengajari anak kewajiban kecil termasuk dengan game interaktif anak TK merapikan barang di kamar dalam bentuk dan warna dari Primaindisoft. Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda semuanya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?