Ini Dia 3 Langkah Membuat Soal Ujian yang Baik!

Tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran yang menarik, seorang guru juga diharapkan mampu melakukan evaluasi. Evaluasi dalam bentuk soal-soal yang dikerjakan saat ujian ini bertujuan untuk mengukur kemampuan belajar siswa sekaligus kesuksesan pembelajaran yang sudah dilakukan. Bagaimana cara membuat soal ujian yang baik dan benar? Simak beberapa tips berikut ini!

  1. Langkah Pembuatan Soal

Beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membuat soal adalah memilih materi yang akan diujikan. Setelahnya, tentukan jenis pertanyaan seperti apa yang ingin Anda gunakan (tes objektif atau esai) kemudian buat kisi-kisi dari materinya. Susun soal yang mewakili setiap materi secara merata dan siapkan kunci jawabannya. Jangan lupa telaah kembali setiap soal, cocokkan dengan kunci jawaban serta sesuaikan dengan pedoman pemberian skornya.

  1. Kaidah Penyusunan Soal

Soal dengan bentuk pilihan berganda banyak digunakan untuk tes massal dengan cakupan materi yang luas. Jika Anda ingin membuat soal pilihan berganda, rumuskan soal secara tegas, jangan membuat soal dengan pernyataan negatif ganda, panjang setiap opsi sebaiknya sama dan butir materi soal jangan bergantung pada jawaban soal yang sebelumnya. Hindari memasukkan ‘Semua jawaban salah’ atau ‘Semua jawaban benar’ ke dalam opsi pilihan berganda.

Jika soal berbentuk uraian, sesuaikan indikator sesuai dengan kisi-kisi soal serta hindari membuat soal yang menimbulkan penafsiran ganda. Gunakan kata tanya yang menuntut uraian yang jelas misalnya jelaskan, uraikan, sebutkan dsb. Jangan lupa buat petunjuk yang jelas mengenai cara pengerjaan soal. Butir soal juga harus segera dilengkapi dengan kunci jawaban serta pedoman pemberian skor untuk memudahkan Anda memeriksa dan menilai jawaban murid nantinya.

  1. Syarat Penyusunan Soal

Soal yang baik adalah soal yang memenuhi syarat penyusunan antara lain:

  • Soal harus dibuat berdasarkan materi atau konsep yang sudah diajarkan
  • Anda harus memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis soal
  • Anda harus memahami bahwa soal yang Anda buat berhubungan langsung dengan penilaian sehingga evaluasi yang objektif terhadap kegiatan pembelajaran dapat terpenuhi.

Membuat soal tentu harus dimulai dengan pemberian materi yang menarik untuk siswa. Di Primaindisoft.com, bukan hanya para siswa dan orang tua, guru pun bisa menemukan berbagai bahan pembelajaran yang menarik. Daftarkan diri Anda dan temukan contoh-contoh kumpulan latihan soal terbaik hanya di Primaindisoft!

 

Komentar