Ingin Membuat Animasi Sederhana Menggunakan Adobe Flash? Simak Tutorialnya!

Belajar membuat animasi ternyata cukup mudah dan menyenangkan. Anda bisa membuat berbagai animasi sederhana dengan menggunakan perangkat lunak dari Adobe Flash. Bagaimana caranya? Yuk, simak tutorial belajar menggunakan Adobe Flash!

 

Apa itu Adobe Flash?

Adobe flash merupakan perangkat lunak yang biasanya digunakan untuk membuat berbagai animasi 2 dimensi dan gambar vektor menggunakan bahasa pemrograman ActionScript. Adobe Flash sering digunakan untuk memberikan efek animasi ringan pada situs web, video interaktif, dan lainnya.

 

Tutorial Membuat Animasi Sederhana

Berikut ini merupakan tutorial membuat animasi sederhana dengan menggunakan Adobe Flash.

  1. Kenali dulu berbagai teknik membuat animasi pada Adobe Flash.
  2. Pilih jenis animasi keyframe by keyframe untuk membuat ilusi pergerakan pada suatu gambar.
  3. Buka Adobe Flash pada desktop sampai muncul jendela dialog. Lalu klik ActionScript 3.0 untuk membuat jendela baru dan fail baru terbuka.
  4. Pilih menu toolbar dengan bentuk oval. Buat bentuk lingkaran. Untuk membuat bentuk lingkaran menjadi sempurna, tekan tombol shift pada papan tik (keyboard) untuk membuat objek oval.
  5. Kemudian klik seleksi objek dan pada menu toolbar, pilih menu modify dan klik convert to symbol. Klik bagian type, lalu pilih graphic. Jangan lupa beri nama pada objek animasi yang Anda buat.
  6. Lihat toolbar timeline di atas, Anda akan melihat frame ke-1 sudah terisi dengan objek. Anda akan melihat gambar bulat hitam di bagian frame ke-1.
  7. Isi frame ke-2 dengan objek yang sama. Sebelumnya, geser sedikit objek lingkaran agar terlihat bergerak. Kemudian, klik kanan pada frame ke-2 dan pilih menu insert keyframe. Anda akan melihat 2 objek terisi secara otomatis. Jangan lupa geser lagi lingkaran. Tekan enter pada papan tik untuk melihat apakah lingkarannya bergerak atau tidak. Setelah melihat lingkaran bergerak, lakukan hal yang sama sampai frame ke-25 untuk membuat perpindahan lingkaran menjadi lebih panjang. Tekan lagi enter untuk melihat pergerakan lingkaran secara keseluruhan.
  8. Animasi sederhana berbentuk lingkaran yang bergerak, selesai dibuat.

 

Sekarang Anda bisa membuat animasi sederhana sendiri. Ingin belajar cara membuat animasi yang lebih kompleks? Yuk, daftar di Primaindisoft dan jadilah anggota premium. Dapatkan materi lengkap tentang video tutorial menggunakan Adobe Flash. Selain itu, Anda juga bisa mengakses berbagai  tingkatan materi sekolah mulai dari SD hingga SMA yang disesuaikan dengan kurikulum pendidikan Indonesia sekarang ini.

 

Komentar