5 Cara Belajar Matematika yang Menyenangkan untuk Anak SD

Bukan rahasia lagi jika matematika merupakan salah satu pelajaran yang kurang diminati. Selain karena dianggap sulit, cara mengajarkan matematika yang salah adalah alasan kenapa anak terutama usia SD kurang menggemari materi hitung-hitungan ini. Sebagai orang tua, Anda bisa membantu si kecil belajar dengan cara menyenangkan di rumah. Simak 5 cara mudah berikut ini!

  1. Gunakan Bahan Ajar yang Bisa Disentuhnya

Untuk materi matematika kelas 1 SD, hal paling awal yang biasanya diperkenalkan kepada mereka adalah bilangan dan lambang bilangan. Alih-alih hanya menyuruhnya menghafal, gunakan kartu angka warna-warni agar suasana belajar lebih interaktif. Anda juga bisa mengajaknya menebak berapa jumlah balok di dalam kotak misteri yang sudah Anda siapkan.

  1. Ajak Anak Bercerita dengan Matematika

Memasuki kelas dua, materi matematika semakin sulit karena melibatkan penjumlahan, pengurangan. Agar materi perhitungan lebih menyenangkan, lakukan sambil bercerita. Saat mengajarinya materi pembagian, gunakan contoh kue atau sebungkus permen dan berapa buah yang bisa didapatkan masing-masing anggota keluarga di rumah.

  1. Libatkan Anak

Anak-anak biasanya suka mempelajari sesuai yang dekat dengan dirinya. Di kelas 3 materi matematika mulai memasuki penghitungan uang, pengukuran waktu hingga panjang dan berat. Anda bisa membuat soal cerita dengan menggunakan namanya dan teman-temannya. Anda juga bisa memberikan contoh uang jajan atau berapa lama waktu yang dia habiskan di sekolah.

  1. Gunakan Objek yang Sesungguhnya

Di kelas 4, pelajaran mengenai bangun ruang dan bangun datar adalah materi yang bisa diajarkan sambil bermain. Coba ajak anak mempelajari luas bangun dan ruang sembari menunjukkan objek-objeknya secara langsung untuk memahami konsepnya. Pemahaman konsep yang kuat akan membuat si kecil lebih cepat mengerti materi pembelajaran.

  1. Cari Materi Secara Online

Dengan kemajuan teknologi, menemukan materi pembelajaran yang menarik bisa dengan mudah Anda temukan di internet termasuk untuk mata pelajaran matematika. Beberapa di antaranya bahkan melibatkan video dan permainan interaktif yang menyenangkan.

Primaindisoft.com merupakan tempat yang tepat bagi para orang tua yang ingin menyediakan bahan pembelajaran untuk anak SD mulai kelas 1 hingga kelas 6. Anda bisa menemukan beragam materi gratis lengkap dengan soal-soal latihan yang bisa diakses bersama-sama dengan anak di rumah. Temukan cara belajar interaktif yang menyenangkan hanya dengan mendaftar di Primaindisoft!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?