Ini Alasannya Kalian Perlu Belajar tentang Perubahan Energi

Perubahan energi banyak sekali contohnya di kehidupan sehari-hari. Lantas, kenapa sih kita perlu mempelajarinya?

 

Energi merupakan sebuah usaha untuk melakukan suatu pekerjaan. Di jagad raya ini, energi merupakan penggerak fenomena alam sehari-hari. Misalnya, energi panas yang berasal dari matahari berfungsi sebagai penerang, tapi dapat pula menjadi pembangkit listrik. Fungsi energi yang dapat dikonversikan tersebut dikenal dengan nama perubahan energi.

 

 

Perubahan energi terjadi secara alami. Karena adanya perubahan atau konversi, energi pada sebuah benda atau medium tidak akan berubah. Tentu ada banyak hal bermanfaat yang dapat kita peroleh dengan mempelajari fenomena perubahan energi, seperti:

 

1. Perubahan energi merupakan sumber kehidupan

Tampaknya, hampir semua penggerak kehidupan diperoleh dari proses perubahan energi. Bayangkan saja, apa jadinya kehidupan tanpa listrik, bunyi-bunyian, atau panas? Peralatan yang kita miliki di rumah seperti setrika, televisi, radio, telepon seluler, hingga kendaraan bermotor dapat berfungsi karena adanya perubahan energi.

 

2. Dengan memahami perubahan energi, kita dapat mengetahui cara kerja suatu benda

Pernah berpikir bagaimana sebuah lampu dapat menyala? Karena listrik? Lantas, dari mana asalnya listrik? Listrik sendiri merupakan hasil dari perubahan energi panas, yang dapat berasal dari matahari, panas bumi, atau uap. Nah, dari energi listrik tersebut, dihasilkan perubahan energi menjadi energi cahaya seperti yang terjadi pada lampu, energi gerak pada motor listrik, atau mungkin berubah kembali menjadi energi panas seperti yang kita lihat pada setrika listrik.

 

3. Mencari tahu sumber energi alternatif

Di alam semesta, energi memiliki banyak bentuk. Ada yang berasal dari matahari, angin, cahaya, kimia, dan panas. Masing-masing bentuk energi tersebut dapat pula dipecah menjadi bentuk energi lain.

Karena sifat energi yang dapat berubah bentuk dan tidak dapat dimusnahkan, kita dapat memiliki berbagai macam sumber energi. Misalnya, untuk memproduksi energi listrik, kita tidak hanya dapat bergantung pada energi listrik. Berkat bantuan alat dan teknologi, air, uap, dan angin pun dapat dikonversikan menjadi energi listrik.

 

Bagaimana, menarik bukan mempelajari seluk-beluk perubahan energi? Kalian bisa melihat fenomena perubahan energi secara langsung di kehidupan sehari-hari. Bisa dari makanan yang kalian makan atau sinar matahari yang menjadi cahaya penerang bagi ruangan.

Simak materi perubahan energi kelas 4 SD secara lengkap dan menarik bersama Primaindisoft. Kalian akan “berkenalan” dengan berbagai macam jenis energi yang terdapat di alam semesta, serta bagaimana proses perubahan dari satu bentuk energi ke bentuk lainnya. Yuk, belajar perubahan energi bersama-sama!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?