Bermain dan Belajar Melalui Aktivitas Sehari-hari di Rumah

Kegiatan sehari-hari di rumah dapat menjadi sarana belajar dan bermain yang tepat untuk tumbuh kembang anak usia TK.

Permainan merupakan sarana belajar terbaik untuk anak-anak. Melalui permainan, anak lebih mudah menyerap pelajaran tentang kehidupan. Anda tidak perlu membelikan mainan mahal atau mengajak anak ke tempat wisata edukasi di luar kota untuk mengajaknya bermain sambil belajar.

Melalui kegiatan sehari-hari di rumah pun, Anda dapat menanamkan rasa tanggung jawab, mencintai lingkungan, serta kebersihan pada anak-anak. Lantas, apa saja sih aktivitas sehari-hari yang dapat Anda kenalkan pada anak usia dini?

 

1. Merapikan mainan

 

 

Ajak anak untuk bertanggung jawab terhadap barang-barang yang ia miliki dengan belajar merapikan mainannya sendiri. Terkadang, anak enggan merapikan barang-barangnya sendiri karena tidak tahu bagaimana melakukannya dengan tepat.

Nah, agar anak lebih semangat, bagaimana kalau membuat aktivitas satu ini layaknya permainan? Misalnya, berlomba siapa yang paling cepat menaruh mainan di boksnya, atau mungkin berlomba untuk mengelompokkan mainan dengan warna yang sama.

 

2. Melipat baju

 

 

Anak-anak selalu penasaran pada apapun yang dilakukan orang-orang di sekitarnya. Salurkan rasa penasaran anak menjadi hal yang bermanfaat untuk dirinya sendiri. Misalnya, saat Anda sedang melipat pakaian, jangan buru-buru suruh anak keluar untuk bermain sendiri. Ajak anak untuk ikut merapikan pakaiannnya sendiri. Biar makin seru, ajari anak untuk melipat pakaian sesuai kategori tertentu. Selain dapat belajar tanggung jawab, anak-anak juga jadi lebih tahu tentang nama macam-macam pakaian.

 

3. Menyiram tanaman

 

 

Anak-anak sudah pasti gemar bermain air. Daripada dibiarkan sibuk memutar-mutar keran air, lebih baik ajak anak untuk belajar menyiram tanaman. Sembari menyiram tanaman, kenalkan anak pada macam-macam aneka tumbuhan serta warnanya. Tidak ada salahnya untuk sesekali iseng menyipratkan air dari selang ke arah si kecil, biar aktivitas jadi makin seru dan penuh gelak tawa.

 

5. Memasak

 

 

Memasak bisa jadi kegiatan seru buat anak-anak. Dengan ikut memasak, anak-anak dapat lebih mengetahui dari mana makanannya berasal. Berikan tugas-tugas yang ringan untuk anak, misalnya mengaduk adonan, mengocok telur, dan membersihkan sayuran. Anak-anak pun jadi makin mengenal proses dalam memasak seperti menggoreng, memanggang, menanak nasi, dan sebagainya. Seru deh!

Anda pun dapat mengenalkan kegiatan sehari-hari di rumah melalui permainan interaktif seperti mencocokkan kalimat perintah dengan gambar. Primaindisoft juga punya gim seru yang akan mengajak anak belajar merapikan mainannya sendiri. Penasaran? Yuk mainkan gimnya: Game merapikan mainan dan Game merapikan kamar

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?