Ini 7 Manfaat Membaca Bagi Perkembangan Otak

Tak hanya wawasan, ini manfaat membaca pikiran bagi perkembangan otak

 

Sedari kecil, Anda tentu mendengar pepatah ‘membaca adalah jendela dunia’. Namun tak hanya memperkaya wawasan, tahukah Anda tentang manfaat membaca bagi perkembangan otak?

 

Memperkaya Kosakata

Semakin banyak dan bervariasi bacaan yang Anda baca, semakin banyak dan bervariasi pula kosakata yang diperoleh. Lebih lanjut, studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang memiliki kosakata lebih banyak cenderung memperoleh penghasilan yang lebih tinggi. Rerata, CEO perusahaan di dunia membaca sekitar 60 buku setiap tahunnya.

Meningkatkan Keterampilan Sosial

Sepintas, individu yang suka membaca buku relatif lebih tertutup dan sibuk dengan dunianya sendiri. Nyatanya, riset menemukan bahwa pembaca fiksi justru memiliki ‘theory of mind’ –kemampuan yang sangat penting dalam hubungan sosial yang kompleks—lebih baik.

Menstimulasi Mental

Membaca akan menstimulasi mental karena membuat otak terus aktif. Berdasarkan riset, mental yang terus menerus terangsang dapat memperlambat hingga mencegah demensia dan penyakit Alzheimer.

Mengurangi Stres

Studi di tahun 2009 menunjukkan bahwa stres dapat menurunkan kadar stres hingga 68%. Angka ini jauh lebih signifikan dibandingkan bermain video game, mendengarkan musik, hingga berjalan kaki. Peneliti juga menemukan bahwa membaca selama enam menit saja dapat memperlambat denyut jantung dan ketegangan otot.

Meningkatkan Memori

Membaca membutuhkan proses neurobiologis lebih tinggi dibandingkan saat melihat gambar dan mendengar percakapan. Pasalnya ketika membaca seluruh bagian otak akan bekerja, mulai dari penglihatan, bahasa, hingga pembelajaran asosiatif. Ilmuwan di University of California, Berkeley, bahkan menemukan bahwa membaca dapat menurunkan level beta-amyloid yang sangat berkaitan dengan Alzheimer.

Menguatkan Pola Pikir Analitis

Bila Anda menggemari bacaan misteri atau tema lain yang berkaitan dengan kasus dan pemecahan masalah, kemampuan berpikir secara analitis pun akan semakin terasah. Anda akan lebih jeli dalam mengamati detail dan tanpa disadari kemampuan berpikir kritis akan terbentuk.

Meningkatkan Konsentrasi

Dalam memahami sebuah bacaan, Anda tentu membutuhkan konsentrasi. Melatih fokus dengan membaca pun akan sangat membantu Anda untuk fokus kepada hal-hal lain di dalam rutinitas harian. Setidaknya, Anda bisa coba membiasakan diri untuk membaca buku selama sekitar 20 menit sebelum beraktivitas.

 

 

Itulah beberapa manfaat membaca bagi perkembangan otak. Siap untuk menjadikan aktivitas ringan ini sebagai kebiasaan?

Tonton video mengenai fakta unik seputar otak di sini Fakta Unik Seputar Otak Manusia yang Perlu Kamu Tahu

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?