5 Tips Smart Mendidik Anak Masa Kini

Mendidik anak masa kini harus dengan cara yang smart agar hasilnya optimal. Perbedaan zaman membuat cara mendidik masa kini berbeda dengan masa lalu.

 

Anak-anak yang termasuk dalam kelompok Generasi Z berbeda dengan generasi sebelumnya. Salah satu karakteristik utama Generasi Z adalah sangat melek terhadap teknologi. Bagaimana tidak, mereka telah bersentuhan dengan aneka gadget sejak masih kecil. Tak mengherankan jika anak berani mengeksplorasi dunia digital dengan lancar.

Perbedaan tersebut juga berpengaruh terhadap cara mendidik anak masa kini. Orang tua tentu harus lebih smart supaya pendidikan di rumah berdampak dan lebih efektif. Nah, berikut 5 tips yang dapat diterapkan.

 

1. Membuka ruang diskusi

 

 

Anak-anak ternyata tidak suka jika hanya diperintah untuk melakukan berbagai hal sesuai keinginan orang tua. Mereka juga ingin agar keberadaannya diperhitungkan. Itulah sebabnya kerap muncul protes tatkala orang tua serta-merta mengambil keputusan tanpa melibatkan anak. Berbeda dengan zaman dahulu, anak masa kini senang diajak berdiskusi mengenai apa yang baik dan yang tidak baik untuk dilakukan.

 

2. Memberi kebebasan yang bertanggung jawab

 

 

Untuk mendidik anak masa kini, orang tua harus berani memberikan kebebasan. Namun, kebebasan tersebut harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab. Dalam hal ini, orang tua berfungsi sebagai pemantau yang mengarahkan anak. Jika melenceng, orang tua memberikan teguran yang tepat dan dapat diterima. Cara mendidik ini akan membuat anak lebih menghargai posisi orang tua.

 

3. Menjadi teman yang memahami

 

 

Orang tua zaman dahulu bersikap ketat dan keputusannya tidak bisa ditawar. Namun, metode seperti itu kini sudah tidak bisa diandalkan. Supaya dapat mendidik anak dengan optimal, memosisikan diri sebagai teman juga sangat penting. Sebagai teman, orang tua tentu memiliki kesempatan yang lebih besar untuk mengajarkan nilai-nilai kebaikan.

 

4. Menghargai pencapaian anak

 

 

Anak masa kini sangat cerdas dan berambisi untuk mendapatkan pencapaian besar. Di balik usaha tersebut, ada keinginan untuk dihargai. Bukan rahasia lagi jika memberikan pujian biasanya lebih efektif dibandingkan sanksi. Jadi, jika Anda ingin anak lebih berprestasi, berikan penghargaan yang sepantasnya untuk prestasinya.

 

5. Orang tua harus melek teknologi

 

 

Untuk mendidik anak masa kini, orang tua juga perlu melek teknologi. Bukan hanya untuk mengikuti tren, tetapi supaya orang tua dapat lebih memahami anak, baik dari segi pengetahuan maupun gaya hidup sehari-hari.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?