Ini 5 Cara Efektif Mengatasi Kebiasaan Mencontek pada Siswa

Menghadapi siswa yang mencontek saat ujian nasional merupakan perlakuan negatif yang merugikan. Inilah 5 tips mengatasinya.

.

Bapak atau ibu guru yang sudah berpengalaman mengajar di kelas, pasti pernah memergoki siswa mencontek saat ujian nasional. Tindakan curang seperti ini akan memengaruhi karakternya saat dewasa nantinya. Oleh karenanya sebagai guru, Anda sebaiknya mencari solusi untuk menghadapi siswa yang mencontek saat ujian nasional.

Ini 5 Cara Efektif Mengatasi Kebiasaan Mencontek pada Siswa

Berikut ini cara mengatasi siswa mencontek di kelas yang bisa Anda praktikan.

  1. Memberikan Penjelasan akan Dampak Buruk Akibat Mencontek

Dengan menjelaskan dampak buruk  yang akan dihadapi siswa saat mencontek, lambat laun akan membuat mereka menyadarinya. Jelaskan bahaya mencontek ini bisa membuat mereka kurang percaya diri,  terbiasa melakukan ketidakjujuran, hingga menjadi bodoh karena malas belajar. Selain itu, mereka juga akan lepas dari tanggungjawab terhadap amanah yang diberikan untuk dapat lulus ujian nasional dengan usaha sendiri.

  1. Mengambil Ponsel Sebelum Ujian Nasional

Siswa zaman now memiliki kebiasaan dan cara mencontek yang lebih canggih, meskipun cara lama masih disukai. Mereka tidak lagi mencontek pekerjaan teman, melainkan mencontek menggunakan ponsel yang saat ini menjadi tren.

Ponsel dengan mudah terkoneksi dengan internet dan mereka dapat mencari tahu jawabannya dengan mudah dan cepat. Jadi, para guru yang menjadi pengawas bisa mengumpulkan ponsel sebelum ujian dimulai. Pastikan siswa tidak membawa ponsel cadangan saat pengumpulan ponsel.

  1. Membuat Jarak Antar Tempat Duduk Siswa

Tempat duduk siswa saat mengikuti ujian diusahakan berjarak minimal satu meter antara satu siswa dengan yang lainnya. Jika dalam satu ruangan berukuran 64 m2, hanya bisa diisi paling banyak 20 siswa. Ini merupakan ketentuan yang sesuai peraturan pelaksanaan ujian nasional. Dengan demikian, dapat meminimalisasikan kesempatan menyontek.

  1. Tidak Boleh Izin Bersama

Siswa tidak boleh minta izin untuk meninggalkan ruangan dengan alasan tertentu, apalagi jika tidak terlalu penting. Terlebih, jika siswa meminta izin pada saat bersamaan untuk keluar kelas, tentunya pengawas pantas mengantisipasi agar tidak terjadi kecurangan yang dilakukan di luar kelas.

  1. Memperbaiki Pandangan Orangtua terkait Prestasi Akademis

Anda sebagai guru sebaiknya membantu orangtua murid untuk mengubah pandangannya, agar tidak menuntut berlebihan akan prestasi akademis anak. Anak yang tertekan akan memaksanya berbuat nekat untuk mencontek. Tekankan bahwa prestasi akademik memang perlu, tapi bukan segalanya untuk sukses dalam hidup.

Nah, itulah cara efektif untuk menghadapi siswa yang mencontek saat ujian nasional. Yuk, kunjungi Primaindisoft, sebuah situs media belajar digital yang interaktif, agar suasana belajar siswa menjadi lebih seru dan menarik. Sebagai media belajar kekinian yang dapat diakses secara online dimana saja, Primaindisoft juga menyediakan kumpulan latihan soal dari berbagai materi pelajaran serta kumpulan rumus yang dapat di download secara gratis.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?