Tips Agar Kamu Tak Tergoda Mencontek saat Ujian

Mencontek saat ujian bisa berdampak buruk pada diri sendiri. Kamu bakal terbiasa mencari cara instan untuk meraih prestasi. Yuk hindari mencontek!

 

Siapapun ingin mendapatkan nilai bagus saat ujian. Hanya saja, nilai bagus tersebut harus diperoleh dengan cara yang jujur. Ada beberapa siswa yang terkadang mengambil jalan pintas dengan cara mencontek saat ujian. Namun, apakah itu merupakan langkah yang tepat?

Kamu perlu tahu bahwa mencontek saat ujian punya dampak negatif yang sangat buruk. Ketika terbiasa mencontek, kamu bakal menjadi malas belajar. Kamu juga akan menjadi pribadi yang mudah menyerah. Bahkan, tak menutup kemungkinan kamu bisa tumbuh menjadi seorang koruptor di masa depan.

Dengan mempertimbangkan dampak buruk tersebut, kamu harus berusaha untuk menjauhkan diri dari aktivitas mencontek saat ujian. Ada 3 tips efektif yang bisa kamu terapkan, yaitu:

1. Pahami materi mata pelajaran

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk menghindarkan diri dari aktivitas mencontek saat ujian adalah berupaya memahami materi mata pelajaran dengan baik. Oleh karena itu, usahakan untuk mendengarkan penjelasan dari guru dengan tenang. Kalaupun ada hal yang tidak dimengerti, kamu bisa bertanya, baik bertanya langsung kepada guru, teman, atau kakak kelas.

2. Banyak berlatih latihan soal

Godaan mencontek saat ujian juga bisa kamu hindari kalau kamu melakukan persiapan dengan baik. Persiapan yang dimaksud adalah dengan banyak berlatih mengerjakan latihan soal sebanyak-banyaknya. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui solusi atas beragam pertanyaan yang kerap muncul ketika ujian.

Saat ini, kamu bisa dengan mudah berlatih soal mata pelajaran lewat internet. Salah satu layanan yang memungkinkan kamu untuk melakukannya adalah PrimaIndisoft. Di situ, kamu bisa menemukan beragam jenis latihan soal dari berbagai mata pelajaran. Latihan soal dan Aplikasi Latihan Ujian (ALUN) juga bisa diakses dengan fleksibel, bisa menggunakan komputer, tablet, ataupun smartphone.

3. Nilai bagus hasil mencontek bukanlah prestasi

Tips yang terakhir dan paling penting adalah pastikan bahwa kamu mengubah pola pikir terhadap nilai ujian. Nilai bagus ketika ujian bukanlah segalanya. Hal yang paling penting adalah proses memperoleh nilai tersebut.

Kalaupun kamu mendapatkan nilai bagus dengan cara mencontek saat ujian, hal itu tidak akan memberikan kebanggaan. Kondisinya akan berbeda kalau kamu berhasil memperoleh nilai tinggi dengan modal kemampuan sendiri.

Tidak ada cara instan untuk meraih prestasi bagus. Yuk, belajar!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?