3 Cara Mudah Mengenalkan Kepemimpinan di Lingkungan Sekitar pada Anak

Apakah si kecil sudah hafal nama lurah, camat, atau kepala daerah di tempat tinggal Anda? Jika belum, kenalkan mereka kepada anak mulai sekarang. Dengan mengenalkan kepemimpinan di lingkungan sekitar, anak bisa memperoleh bekal untuk ikut Pemilu di masa depan.

Nah, sebagai acuan, berikut ini tiga cara mengenalkan kepemimpinan yang dapat diterapkan.

1. Pastikan Anak Mengenal Nama Pemimpin di Lingkungan Tempat Tinggalnya

Apakah di lingkungan tempat tinggal Anda ada organisasi? Misalnya, organisasi tingkat RT atau RW. Masing-masing organisasi tentu memiliki pemimpin—yang disebut ketua. Anda bisa kenalkan nama para pemimpin tersebut kepada si kecil.

Tak perlu terlalu formal dalam mengenalkan sosok ketua RT atau RW pada anak. Cukup biasakan anak-anak menyapa Pak RT dan Pak RW ketika berpapasan di jalan dengan mereka. Pun bisa dengan mengajak mereka bersilaturahmi ke rumah tetangga yang menjabat ketua RT/RW.

2. Mengenalkan Sosok Pemimpin Terkenal Lewat Bacaan

Anak kecil biasanya penasaran dengan gambar dan warna. Manfaatkan rasa penasaran si kecil untuk mengenalkan sosok pemimpin terkenal lewat bacaan. Anda harus membacakan cerita tersebut supaya anak memahami isinya.

Beberapa cerita pemimpin terkenal yang mesti anak kenali, antara lain tentang Ir. Soekarno, Dr. Soetomo, dan Bung Tomo. Agar anak tidak bosan mendengarkan cerita tersebut, selingi dengan leadership games.

3. Memberikan Poster Belajar Berisi Nama Pemimpin Daerah di Indonesia

Poster merupakan media efektif untuk anak-anak. Tampilan visual (berupa gambar dan tulisan) pada poster membuat anak lebih cepat menangkap maknanya. Selain itu, poster mampu mendorong semangat belajar si kecil.

Jadi, berikan poster berisi nama pemimpin daerah pada anak supaya bisa menghafalnya secara cepat. Jika sulit menemukan poster tersebut, Anda bisa membuat sendiri. Caranya, cari gambar pemimpin daerah di internet, lalu edit di Microsoft Word. Bubuhkan nama di bawah gambar, kemudian cetak menggunakan printer.

 

Demikian tiga cara mudah mengenalkan kepemimpinan di lingkungan sekitar pada anak. Selain ketiga tips tersebut, Anda bisa mengenalkan pemimpin di lingkungan sekitar melalui materi Pemimpin di Lingkungan Sekitarku. Dapatkan materi lengkapnya hanya di primaindisoft.com. Tunggu apa lagi?

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?