Ini 3 Peran Guru dalam Mengisi Kemerdekaan

Anak-anak perlu memahami dengan baik peran guru dalam mengisi kemerdekaan.

 

Di masa perjuangan, semua orang tak terkecuali turut serta berjuang sesuai dengan dengan keahliannya masing-masing. Salah satu pejuang yang memiliki andil sangat besar yaitu para guru saat  melawan penjajah. Profesi guru menjadi sosok yang sikapnya selalu diteladani sehingga cukup dikhawatirkan oleh para penjajah.

 

Tidak heran jika rakyat Indonesia di masa penjajahan tidak dibenarkan bersekolah. Tujuannya agar rakyat Indonesia tidak mendapatkan pendidikan dan ilmu pengetahuan. Oleh karenanya perjuangan para guru sangat besar dalam meraih kemerdekaan. Kini di era kemerdekaan, peran guru dalam mengisi kemerdekaan tidak kalah pentingnya. Apalagi di tengah dekadensi moral di era milenial serta kesulitan hidup yang dihadapi masyarakat saat ini.

 

Ini 3 Peran Guru Dalam Mengisi Kemerdekaan

Sebagai sosok yang dipercaya sebagai penentu kualitas generasi bangsa ini agar tercipta generasi penerus yang unggul, para guru dituntut untuk mampu berjuang bersama orang tua, sekolah, dan masyarakat..

  1. Peran dalam Profesi

Dalam peran ini tugas guru adalah mempersiapkan manusia yang berasusila dan cakap, sehingga dapat membangun diri dan bangsanya. Guru dalam peran ini merupakan profesi yang membutuhkan keahlian khusus yaitu mengajar, mendidik, dan melatih.

Mengajar bermakna meneruskan dan mengembangkan iptek, mendidik berarti meneruskan dan mengembangkan nilai kehidupan, sedangkan melatih dengan mengembangkan keterampilan dan penerapannya dalam kehidupan para siswa.

  1. Peran dalam Bidang Kemanusiaan

Di bidang kemanusiaan, selain sebagai sumber inspirasi bagi anak didiknya guru berperan sebagai orang tua kedua di sekolah. Oleh karenanya, seorang guru harus mampu menarik simpati dan memahami jiwa dan watak siswanya.  Dalam hal ini, seorang guru harus berpenampilan menarik sehingga siswa menghargai dan pada akhirnya dapat menanamkan benih pengajaran kepada para siswa.

  1. Peran di Bidang Kemasyarakatan.

Guru bertugas mendidik dan mengajar masyarakat, agar menjadi warga negara Indonesia yang memiliki moral berdasar pancasila. Dengan demikian, para siswa bisa menjadi manusia yang berguna bagi masyarakat serta lingkungan. Guru juga diharapkan bisa menjadi penghubung antara sekolah dan masyarakat.

Nah, itulah 3 peran guru dalam mengisi kemerdekaan. Peran yang menuntut profesionalitas seorang guru tidak sekadar pandai dalam ilmu tertentu, tetapi juga paham tentang seluk beluk pendidikan, pengajaran, serta membangun kepribadian anak agar berguna bagi nusa, bangsa, dan agama. Nah, jika Anda ingin dapat mendidik para siswa dengan cara lebih interaktif, silakan kunjungi Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?