Ingin Mudah Menghafal Materi Ujian di SMP? Simak Tipsnya!

Hampir semua anak sekolah pernah mengalami masalah ini: baru saja menghafal tapi tiba-tiba sudah lupa. Pada akhirnya saat menjelang ujian kamu harus berjuang mati-matian untuk mengingat lagi materi yang sudah dipelajari. Padahal seandainya ingatanmu bertahan jangka panjang, kamu tidak perlu belajar terlalu keras di hari-hari menjelang ujian.

Lantas, bagaimana caranya agar kamu yang masih duduk di bangku SMP lebih mudah menghafal materi ujian? Ingatan sebenarnya bisa diasah jika kamu mampu membiasakan diri. Simak tipsnya berikut ini!

  • Cari tahu kata yang tidak pernah kamu dengar. Salah satu penyebab kenapa kamu lupa adalah karena kamu tidak paham apa yang kamu baca. Kalau ada kata-kata yang terdengar asing, cari tahu di internet atau tanyakan kepada gurumu.
  • Tulis kata-kata itu di sebuah buku catatan kecil agar kamu mudah membacanya. Jika memungkinkan, bawa catatan itu ke mana pun sampai kamu benar-benar paham.
  • Sehari kemudian, coba tes kembali ingatanmu.
  • Jika kamu sudah berhasil menguasai kata-kata sulit ini, beralihlah ke kalimat yang lebih panjang. Misalnya bunyi undang-undang atau nama-nama peristiwa sejarah dan tanggal kejadiannya.

Pahami Cara Belajarmu

Setiap orang punya cara menghafal yang berbeda-beda. Mungkin ada temanmu yang bisa ingat hanya dengan membaca saja, tapi kamu mungkin tidak. Ada beberapa cara belajar yang mungkin salah satunya cocok denganmu.

  • Pembelajar Visual

Kalau kamu merasa lebih mudah mengingat ketika membaca materi dengan gambar atau lewat film dokumenter, mungkin kamu adalah pembelajar tipe visual. Kamu bisa mencari materi pelajaran lewat komik bergambar atau video.

  • Pembelajar Auditory

Ada yang mudah menghafal dengan melihat, ada juga yang lebih suka mendengar. Pembelajar tipe ini biasanya cepat mengingat apa yang dia dengar baik dari guru, teman atau orang tua di rumah. Kalau kamu suka belajar dengan cara ini, kamu bisa menggunakan rekaman untuk menghafal.

  • Belajar dengan Membaca dan Menulis

Tipe yang terakhir ini lebih suka belajar dengan mencatat, meringkas isi buku kemudian membacanya lagi. Kalau dua cara sebelumnya tidak ampuh untukmu, kamu bisa mencoba cara ini.

Setelah menghafal semua materi, sebelum ujian ada baiknya kamu menguji ingatanmu dengan mengerjakan soal-soal latihan dari Primaindisoft. Materi pelajaran mulai dari kelas 7 hingga kelas 9 juga lengkap ada di sini!

 

Komentar