4 Cara Menyikapi Perkembangan Kognitif Anak yang Masih TK

Tahap perkembangan kognitif dari anak bertahap di setiap pertambahan usianya. Kalau Anda terbiasa meniru dan diajarkan, perkembangannya akan meningkat cukup tajam. Namun, kalau Anda terkesan pasif, perkembangan kognitif akan berjalan dengan terlambat.

Nah, perkembangan kognitif ini biasanya mulai terlihat saat anak masuk TK. Anak akan mulai mengenal banyak hal seperti nama aneka buah, kendaraan, hingga profesi. Saat penerimaan rapor, guru juga akan melaporkan tingkat perkembangan anak. Cepat atau pun lambat perkembangannya, orang tua harus menyikapinya dengan beberapa cara di bawah ini.

  1. Tidak Langsung Emosi

Kalau perkembangan anak dalam hal pengetahuan dan pemahaman masih belum sempurna ada baiknya untuk selalu memiliki kepala dingin. Anda tidak tahu apa yang terjadi di lapangan saat anak sekolah. Lebih baik mencari tahu terlebih dahulu apa yang menyebabkan anak susah berkembang.

  1. Cari Tahu Masalah Anak dari Guru

Cari tahu dari guru yang mengajarnya setiap hari. Apakah anak memiliki masalah atau ada kebiasaan yang membuat mereka tidak bisa menyerap pelajaran. Misal anak selalu bermain sendiri, tidur, atau malah mengganggu temannya. Cari tahu semua permasalahan yang terjadi agar bisa segera diatasi.

  1. Berdiskusi dengan Anak

Meski anak masih TK, mereka sudah memiliki hak untuk menjelaskan dan membela dirinya. Lakukan diskusi kecil-kecilan tanpa menekannya terlalu kuat. Biarkan anak mengeluarkan unek-uneknya yang selama ini sering disimpan begitu saja karena takut akan dimarahi oleh orang tua.

  1. Memberi Penguatan yang Tepat

Setelah mengetahui penyebabnya, tugas Anda adalah memberikan semangat. Dengan usia 4-6 tahun hukuman bukanlah hal yang patut diberikan. Beri saja penguatan positif pada anak agar mereka mau berusaha lebih semangat lagi kalau masuk sekolah atau mungkin naik ke SD.

Penguatan ini bisa diberikan dalam bentuk jalan-jalan atau dibelikan tas atau sepatu baru. Hadiah bisa diberikan kalau anak bisa mulai membaca atau mungkin berhitung yang awalnya tidak berkembang.

Semoga ulasan di atas bermanfaat untuk Anda agar bisa menyikapi perkembangan anak dengan baik tanpa menyakiti mereka baik secara fisik dan verbal. Untuk mendukung perkembangan anak dan mempersiapkan pendidikannya, ada baiknya Anda mulai mencari materi belajar yang sesuai dengan usia. Primaindisoft menyediakan media belajar untuk usia TK hingga SMA. Sign up sekarang juga untuk memperoleh manfaatnya.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?