5 Trik Fokus Ujian untuk Anak SMA

Masa-masa menjelang ujian memang paling menegangkan untuk semua anak SMA. Selain belajar keras, kamu harus pintar-pintar mencari cara untuk menghindari gangguan yang ada di sekitar. Lantas, bagaimana caranya agar kamu bisa fokus selama ujian? Simak 5 trik berikut ini!

  1. Rangkum Materi Sesuai dengan Preferensimu

Di sekolah setiap guru mata pelajaran mungkin sudah menyiapkan materi yang bisa kamu pelajari sebelum ujian. Tapi setiap orang tetap punya cara masing-masing untuk menghafal sesuai dengan gaya belajarnya masing-masing. Jika catatan biasa yang diberikan gurumu tidak cukup membantu, kamu bisa mencari materi interaktif di internet atau merangkum sesuai dengan preferensimu. Jangan lupa untuk bertanya lebih lanjut kepada guru jika ada materi yang tidak kamu pahami.

  1. Buat Kelompok Belajar

Jika kamu adalah tipe orang yang suka belajar secara berkelompok, carilah teman-teman untuk membuat study group. Kamu bisa mencari tempat yang nyaman seperti kafe di dekat rumah, perpustakaan atau di rumahmu sendiri. Selain bisa berdiskusi, kalian juga bisa saling menyemangati. Dengan kelompok belajarmu, kamu juga bisa mengerjakan soal tes dan memeriksanya bersama-sama.

  1. Mulailah Lebih Awal

Orang yang memulai langkah lebih dulu, akan sampai lebih awal. Hal yang sama juga berlaku untuk soal belajar. Jangan hanya belajar di saat ujian akan datang. Kamu bisa mencicil dengan menghafal materi jauh-jauh hari sebelum hari ujian tiba atau setidaknya mempersiapkan catatan untuk dipelajari. Membuat jadwal dan mematuhinya juga bisa membantumu fokus dalam belajar.

  1. Tentukan Skala Prioritas

Semua pelajaran memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Beberapa orang lebih mudah mempelajari materi yang mudah lebih dulu dan ada juga yang sebaliknya. Buatlah skala prioritasmu sehingga semua materi bisa dipelajari secara berurutan (mulai dari yang paling mudah atau yang paling sulit) sesuai dengan keinginanmu.

  1. Jangan Lupa Beristirahat

Belajar memang penting. Tapi ketika fisik dan mentalmu tidak sehat, usahamu tetap tidak akan maksimal. Ingatlah bahwa dalam jadwal belajarmu kamu juga harus memasukkan jadwal istirahat untuk menjaga kondisimu tetap prima hingga ujian berakhir.

Untuk membantu belajarmu agar semakin menyenangkan dan mudah, Primaindisoft.com menyediakan berbagai materi dan kumpulan latihan soal untuk anak SMA. Di sini kamu bisa mendapatkan materi belajar dari kelas 10 hingga kelas 12. Persiapkan dirimu menghadapi ujian bersama Primaindisoft!

 

Komentar