Ingin Anak Suka Membaca Usia Dini? Ini Triknya!

Membiasakan anak membaca usia dini katanya bukan perkara mudah. Simak beberapa trik menyenangkan berikut ini!

 

Memiliki anak yang suka membaca usia dini adalah impian semua orang tua. Tapi mewujudkannya bukanlah perkara mudah apalagi jika cara yang Anda tempuh malah membuat anak merasa tertekan. Hal paling penting untuk membiasakan anak membaca adalah menemukan kesenangan dalam kegiatan membaca itu sendiri.

Ada beberapa trik bagi Anda yang ingin anak membaca usia dini. Cara-cara menyenangkan berikut ini bisa Anda coba di rumah.

1. Ganti Lagu Kesukaannya dengan Audiobook

Ya, mendengarkan rekaman buku atau audiobook juga dihitung sebagai aktivitas membaca. Untuk anak yang belum bisa membaca, memperdengarkan rekaman berisi cerita-cerita populer akan mendekatkannya dengan kebiasaan membaca. Anda bisa merekamnya sendiri atau mengunduh dari situs-situs penyedia audiobook resmi baik yang gratis ataupun yang berbayar.

2. Berikan Contoh

Anak-anak terutama yang masih di usia TK adalah peniru ulung. Ketika dia dikelilingi oleh orang dewasa yang suka makan junk food, dia akan tumbuh jadi penyuka junk food. Hal yang sama berlaku dengan kebiasaan membaca usia dini. Siapa yang dia lihat, itulah yang akan dia tiru. Tunjukkan padanya bahwa membaca adalah sebuah aktivitas yang menyenangkan. Dengan begitu, rasa cinta pada buku akan tumbuh dalam hatinya.

3. Ciptakan Sudut Baca yang Menyenangkan

Memulai kebiasan membaca usia dini tidak harus dari buku yang bagus. Ruang baca dengan tema menyenangkan bisa jadi permulaan bagi si kecil untuk berkenalan dengan buku. Buat satu sudut dengan desain yang disukai si kecil. Dengan begitu, Anda tidak memerlukan trik apa-apa. Cukup ajak dia duduk bersama Anda di sana dan biarkan dia terhanyut dengan suasana dan buku-buku yang sudah Anda siapkan.

4. Cari Buku yang Menarik

Di usia TK, anak biasanya diperkenalkan dengan membaca lewat buku-buku cerita bergambar. Anda bisa melakukan hal yang sama. Untuk membuat cerita lebih hidup, Anda bisa menggunakan alat peraga. Bisa berupa boneka jari atau topeng. Ini akan menciptakan aktivitas membaca yang dinanti-nantikan oleh si kecil.

Anda bisa juga memperkenalkan membaca usia dini pada anak dengan menggunakan materi-materi menarik TK-A dan TK-B dari Primaindisoft. Lewat cerita bergambar yang disajikan secara interaktif, ciptakan kegiatan membaca yang menyenangkan bersama anak di rumah!

 

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?