5 Buku Ini Akan Bantu Budayakan Membaca Sejak Dini

Pesan tentang budayakan membaca sejak dini selalu digemakan di mana-mana. Anda bisa memulainya dengan memberikan 5 buku ini sebagai bacaan anak.

Selain memberikan contoh di rumah, memilihkan buku yang tepat ternyata bisa membantu anak budayakan membaca sejak dini. Karena setiap anak memiliki selera buku yang berbeda, sebagai orang tua Anda harus mampu menentukan buku apa yang cocok dengan kepribadian si kecil. Anda juga harus memilihkan buku apa yang sesuai dan bagus untuk membantu tumbuh kembangnya.

Untuk membantu si kecil budayakan membaca sejak dini, beberapa buku di bawah ini bisa menjadi referensi. Apa saja?

  1. Charlotte’s Web

 

 

Meski diterbitkan pertama kali pada tahun 1952, novel anak karangan E.B White ini masih menjadi buku yang paling direkomendasikan untuk anak. Bercerita tentang seorang anak perempuan bernama Fern Arable dan seekor babi bernama Wilbur, buku ini disajikan dengan bahasa menyenangkan yang disukai anak-anak tapi juga cocok dibaca orang dewasa.

  1. The Chronicle of Narnia

 

 

Buku seri karya C.S Lewis yang sudah difilmkan ini sangat cocok menjadi bahan bacaan si kecil yang berjiwa petualang. Kisah perjuangan 4 kakak beradik ke negeri Narnia ini juga membawa banyak pesan termasuk tentang pengorbanan dan keberanian.

  1. Wonder

 

Buku yang baru saja diadaptasi ke dalam film berjudul serupa ini ditulis oleh R.J Palacio. Dengan tokoh anak usia SD bernama Augie, si kecil akan diajak mengarungi dunia si tokoh utama yang mungkin berbeda dengannya. Dari buku ini Anda juga bisa mengajarkan pada si kecil tentang bagaimana menghargai perbedaan.

  1. Diary of Wimpy Kid

 

 

Sama seperti dua buku sebelumnya, Diary of Wimpy Kid juga sudah diangkat ke layar lebar. Berkisah tentang seorang anak laki-laki kuper bernama Greg Heffley, buku karangan Jeff Kinney ini terasa segar, menghibur dan tentu saja penuh pelajaran berharga.

  1. The Giving Tree

 

 

Novel ringkas karangan Shel Silverstein ini adalah buku dongeng dengan kisah yang sangat sederhana. Bercerita tentang persahabatan seorang anak laki-laki dengan sebuah pohon di hutan, buku ini mengajarkan tentang cinta dan pemberian. Tidak hanya sederhana, buku ini juga mengandung pesan moral yang bisa ditangkap dengan mudah oleh anak usia SD.

Budayakan membaca sejak dini bukan sekadar memberikan hiburan untuk anak. Dengan membaca, Anda bisa membantu mengasah cara berpikir sehingga si kecil semakin cerdas di sekolah. Jangan lupa lengkapi aktivitas belajarnya di rumah dengan berbagai materi interaktif yang menarik mulai dari kelas 1 SD sampai kelas 6 SD dari Primaindisoft.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?