Hari Pelajar Sedunia: Perlunya Memahami Karakter dan Pola Belajar Siswa

Guru menjadi pengganti orang tua setiap siswa ketika berada di sekolah. Setiap orang tua yang menyekolahkan putra-putrinya pasti percaya kepada gurunya. Itulah mengapa, beban guru hampir sama beratnya dengan beban orang tua di rumah, bahkan bisa jadi lebih berat.

 

Sebagai bentuk apresiasi terhadap kegigihan para siswa, diperingati Hari Pelajar Sedunia setiap tanggal 17 November. Mungkin, ini bisa menjadi waktu yang tepat untuk Anda untuk merefleksikan diri, apakah selama ini semua usaha Anda sudah membuat murid menjadi lebih semangat belajar?

 

Tidak dapat dimungkiri, guru memang berperan besar dalam menciptakan generasi terdidik untuk masa depan bangsa yang lebih baik. Namun, inti dari mengajarkan ilmu pada siswa adalah bukan dengan memberi soal, tugas, dan ujian, melainkan bagaimana membuat siswa menyukai proses belajar tersebut, sehingga menambah semangatnya untuk terus memperkaya diri dengan ilmu.

 

Perlunya Memahami Karakter dan Pola Belajar Siswa

Satu hal penting tetapi sering kali luput dari perhatian adalah perlunya memahami karakter dan pola belajar siswa. Sederhananya, antusiasme atau ketertarikan siswa dalam proses belajar yang ia jalani seharusnya digunakan sebagai acuan dalam proses belajar mengajar di sekolah.

 

Sayangnya, masih banyak guru yang masih menggunakan sistem lawas yang justru menurunkan semangat belajar siswa, sehingga menjadi terpaksa belajar karena merupakan suatu kewajiban untuk bisa naik kelas hingga menuju ke dunia kerja, yang kata orang adalah dunia yang sebenarnya.

 

Pastinya, setiap siswa memiliki karakter dan pola belajar yang berbeda. Anda pun tentu tidak bisa menuruti kemauan semua siswa dalam belajar. Tentu saja, karena sekolah menjadi tempat belajar siswa dari berbagai asal dengan bermacam pola pikir dan karakter. Inilah mengapa tugas diberikan, untuk menunjukkan keseragaman dalam proses belajar pada setiap siswa.

 

Bisa jadi, peringatan Hari Pelajar Sedunia di tanggal 17 November ini menjadi waktu paling tepat untuk mulai memahami karakter dan pola belajar para siswa. Memang, menjadi tugas Anda untuk mengajar, tetapi jangan lupa bahwa membuat siswa menyukai belajar adalah hal yang tak kalah pentingnya.

 

Jika Anda membutuhkan bantuan, coba klik Primaindisoft.com. Ada banyak cara belajar yang akan membuat siswa lebih mudah memahami pelajaran dan membuat mereka menjadi lebih suka belajar. Selamat mencoba!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?