Langkah-Langkah Membuat Objek 2D Sederhana di Corel Draw

Corel Draw merupakan aplikasi desain grafis 2D dan 3D besutan perusahaan perangkat lunak Corel yang berbasis di Ottawa, Kanada. Karena kemudahannya, aplikasi ini menjadi salah satu perangkat lunak desain yang paling banyak digunakan oleh para desainer, baik itu desainer pemula ataupun desainer yang sudah berpengalaman.

Salah satu pekerjaan desain yang bisa diselesaikan menggunakan Corel Draw adalah membuat objek 2D. Seperti membuat ikon, logo, dan lain sebagainya. Bagi kamu yang ingin belajar menggunakan aplikasi Corel Draw, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat objek 2D sederhana. Dalam tutorial kali ini, kita akan mencoba membuat ikon ponsel dengan beberapa fungsi dasar dari Corel Draw.

  1. Pertama, buat objek persegi menggunakan fungsi Rectangle Tool (F6). Selanjutnya, ubah border atau ketumpulan persegi menggunakan Shape Tool (F10).
  2. Buat objek persegi dengan ukuran yang lebih kecil untuk layar ponsel. Lalu, ubah ketumpulannya seperti persegi yang pertama.
  3. Seleksi kedua objek yang telah dibuat. Kemudian, klik Black Minus Front untuk memotong objek
  4. Selanjutnya, buat persegi-persegi kecil untuk tombol ponsel menggunakan Rectangle Tool (F6). Agar ukurannya sama atau proporsional, tekan tombol Ctrl pada keyboard sambil men-drag
  5. Jika sudah, atur border persegi agar lebih tumpul dan terkesan serasi dengan objek-objek lainnya.
  6. Gandakan objek persegi untuk tombol ponsel sebanyak delapan kali agar jumlahnya menjadi sembilan. Caranya, drag objek ke samping sambil menekan tombol Shift. Atau, kamu juga bisa klik kanan pada objek, pilih Copy, lalu klik kanan > Paste.
  7. Setelah semua tombol terbuat, selanjutnya seleksi semua objek dan klik Weld untuk menggabungkannya.
  8. Letakkan objek yang sudah digabungkan di bawah objek layar handphone dan atur posisinya.
  9. Terakhir, buat antena ponsel dengan cara menggabungkan objek persegi panjang dan elips. Lalu, letakkan pada bagian kanan atas ponsel.
  10. Jika sudah, gabungkan semua objek sehingga hingga membentuk satu ikon ponsel yang sempurna.

Demikianlah langkah-langkah membuat objek 2D menggunakan Corel Draw. Tidak terlalu sulit, bukan? Apabila kamu ingin belajar tutorial-tutorial Corel Draw lainnya, lihat saja materi Corel Draw dari Primaindisoft di sini.

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?