Hari Guru, Momen Terbaik untuk Mengingat Jasa Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Tanggal 25 November diperingati sebagai Hari Guru. Bukan tanpa tujuan, penetapan ini tentu saja untuk memberikan penghargaan untuk para guru. Tanpa mereka, entah bagaimana nasib pendidikan generasi muda penerus bangsa.

 

Sayangnya, guru masih menjadi profesi yang dipandang sebelah mata hingga kini. Tak sedikit orang tua beranggapan bahwa guru hanya berkewajiban untuk mengajar dan memberikan segudang pekerjaan rumah untuk siswa. Namun, sebenarnya tanggung jawab seorang guru lebih dari itu. Menjadi pekerjaan utama seorang guru untuk membuat siswa menyukai proses belajar yang ia jalani setiap hari.

 

Hari Guru, Momen Terbaik untuk Mengingat Jasa Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Diperingati setiap tanggal 25 November, Hari Guru sebenarnya juga bersamaan dengan Hari Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Ini bisa menjadi momen terbaik untuk orang tua mengajarkan pada sang buah hati bagaimana mengingat segala kebaikan dan pengorbanan guru, pahlawan tanpa tanda jasa.

 

Seperti apa yang dikatakan oleh Ki Hajar Dewantara, bahwa “Guru adalah seorang pejuang tulus tanpa tanda jasa mencerdaskan kehidupan bangsa”, guru memang mengorbankan hampir segalanya untuk pendidikan, untuk kecerdasan bangsa. Tanpa kenal lelah, rela menghabiskan waktunya di sekolah, bahkan terus mencari cara untuk menciptakan cara baru dalam mendidik murid di sekolah.

 

Berkat peran para guru, Indonesia bisa menjadi negara yang turut bersaing dalam berbagai ajang kompetisi tingkat dunia, bahkan tak jarang membawa pulang sebuah penghargaan. Secara tak langsung, nama sekolah dan guru-guru yang ada di dalamnya pun turut menjadi lebih “harum”.

 

Meski begitu, kasus pelecehan terhadap guru dalam berbagai bentuk masih saja santer terdengar. Tentu saja, ini akan semakin mencoreng nama baik dan citra guru sebagai pengganti orang tua di sekolah. Padahal, bukan tanpa alasan seorang guru memberikan sanksi pada siswanya, tak lain hanya untuk membuat siswa mengerti bahwa apa yang ia lakukan kurang tepat.

 

Oleh karena itu, jadikan peringatan Hari Guru di tanggal 25 November ini menjadi jembatan untuk mengajarkan pada sang buah hati untuk lebih mengingat dan menghargai jasa para pahlawan tanpa tanda jasa. Tidak sulit, kok, Anda bisa melakukannya dengan membuat Si Kecil suka belajar bersama Primaindisoft.com. Yuk, hargai pengorbanan guru kita!

Dapatkan akses unlimited game pembelajaran, video tutorial yang menarik, latihan soal dan ujian, video online, materi pelajaran yang bisa didownload dan dicetak, dengan menjadi member Premium kami. Daftar di sini

× Ada yang bisa kami bantu?